Koleksi Tanamanku

14-10-2016/18.08

Warna-warna bunganya selalu bikin aku takjub. Beragam warna yang dikeluarkan selalu membuat aku menunggu tumbuh bunganya, bila saat itu tiba, hatiku ikutan berbunga. serius :).

Aku penyuka tanaman. Sejak kuliah aku mulai berkebun. awalnya tanamannya random, apa aja ditanam. Paling senang beli media tanam terus beli tanaman dibudidayain. Cabe, tomat, daun bawang. Akhirnya mulai terarah ke satu tanaman, adenium.

Aku punya keinginan punya kebun buah, dan tanaman yang suka dijadikan bumbu. Biar gak perlu banyak uang buat beli buah-buahan. Sempat pernah keranjingan setiap makan buah, bijinya dikumpulin. Dijemur sampai kering atau di rendem sama air. Abis itu kadang di tanam, kadang lupa. Memang harus di akui, kalau aku itu in konsisten dan suamiku konsisten. Lebih cuek dan masa bodoh. Tanggung jawab aku juga kurang, kalau nanem tanaman, yang dipikir gini nih. Kalau tanamannya tumbuh alhamdulillah, kalo mati ya udah. Makanya gak pernah punya binatang peliharaan yang awet. hahaha 180 derajat yah aku sama suamiku, tapi insyaallah dipertemukan untuk saling melengkapi. amiin.

Aku berprinsip untuk punya tanaman yang gampang ditanam, unik dan mudah ngerawatnya. Ini alasan dan tanaman-tanaman yang sampai detik ini betah jadi koleksiku :).

1.Adenium

fc0826b6b73f1f30421bd7133fabed91Suka banget sama mawar gurun ini. Ngerawatnya gampang banget. Gak butuh banyak air, dan medianya banyak dijual dimana-mana dan murah. Yang bikin aku senang sama bunga ini juga karena jenisnya yang beraneka ragam dan batangnya bisa dibentuk sesuai yang kita mau. dibentuk seperti binatang juga bisa loh.

Yang bikin aku senang sama tanaman ini juga karena tanaman ini bisa menghasilkan banyak biji yang ada dalam dua bonggol, bentuknya kayak kumis dan satu bonggol bisa ada 80 biji. Kalau bonggolnya kebuka, bijinya punya bulu, jadi bisa beterbangan kemana saja angin menerbangkannya.

Tapi aku baru punya satu koleksi yang berwarna putih.Pengen banget punya banyak, tapi tanaman ini susah-susah gampang berbijinya. Kalau niat mau punya koleksi banyak, harus rajin cari ke toko bunga (Godong Ijo) atau ke rumah tetangga atau teman yang punya koleksi bunga macam itu.

Ini beberapa cara merawat adenium (http://flowerian.com/68/cara-merawat-bunga-adenium.html)

2. Lidah mertua (Sansevieria trifasciata prain)

lidah-mertua1

Tanaman yang satu ini paling gampang budidayanya. Tinggal di potong daunnya tanam, jadi deh tanaman baru. Fungsinya juga keren loh, untuk menyerap karbondioksida disekitarnya. Jenisnya macam-macam ada yang seperti jarum, ada juga yang asli mirip lidah manusia, ada bintil-bintil diatasnya. Dulu aku koleksi juga nih.

Awalnya dikasih, tapi lama-lama berburu jenisnya yang beragam rupa.Disebut lidah mertua, karena bentuknya yang mirip seperti lidah manusia, dan tajam. Duh kasian juga yah yang jadi mertua, hehehe. Padahal gak semua mertua negatif loh, tapi banyak juga yang positif, yang sayang banget sama mantunya daripada anaknya, kayak ibuku sama menantunya, hehehe.

Ada tiga cara untuk membudidayakan tanaman lidah mertua ini ( pemisahan tunas, stek daun dan stek pucuk). http://bibitbunga.com/blog/cara-menanam-lidah-mertua-yang-baik-dan-benar/

3.Lidah buaya

klasifikasi2bdan2bmorfologi2btanaman2blidah2bbuaya

Ini masih satu keluarga sama lidah mertua, bedanya ada daging buahnya. Daging buahnya bisa dimanfaatkan untuk nata de aloe. Lendirnya juga bisa dioleskan ke luka, insyaallah cepet ketutup karena dia bersifat seperti getah bening yang terbentuk kalau kita kena luka. Untuk rambut juga bisa. Top banget deh manfaat tanaman ini.

Saking banyaknya manfaatnya, kalau penasaran klik disini http://manfaat.co.id/manfaat-lidah-buaya

4. Pandan

pandan-leave-512x512

Gampang dan cepet banget numbuhnya. Bermanfaat buat masak, dan menghilangkan bau. Biasa dipakai untuk dekorasi pernikahan dan ada dikematian, untuk menghilangkan bau mayatnya.

Manfaat daun pandan lainnya http://manfaat.co.id/manfaat-daun-pandan

Ini beberapa tanaman yang aku punya di rumah, sisanya itu tanaman bapakku. Ada safitri, sirsak, mangga, alpukat, pepaya, daun jeruk, yang hampir semuanya hanya berdaun saja, belum pernah berbuah, karena lahan yang sempit dan media tanamnya yang cuma di pot bekas atau bekas tempat sampah.

Pindah ke Bandung dan alhamdulillah dapet kos yang halamannya luas bikin tangan gatel untuk berkebun. Ngerayu suamiku buat bawa peliharaanku si adenium ke Bandung, alhamdulillah diijinkan. Aku baru bisa bawa lima karena media tanamnya yang gak ada.

Seneng banget bisa lihat mereka udah nambah gede batangnya dengan cepat.

Jpeg

Yang di botol sempat nanam daun bawang, tapi ditendang sama cangcing cang, kucing liar yang suka duduk depan kamar, rusak deh.

Suami udah request aku menanam cabai atau tomat dan daun bawang.Tapi nanti dulu yah…. media tanamnya disini mahal, dan aku belum tahu toko tanaman yang jual media tanam murah, kalo udah jadi kokedamanya pake itu aja deh, hehehe.

Kamu lagi suka berkebun apa?

Advertisements

2 thoughts on “Koleksi Tanamanku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s