Coffe Or Seed?

16/11/2016 (15.23)

“Dek, mas dikasih oleh-oleh nih dari mahasiswa.”

Pesan singkat dari suamiku, beberapa minggu yang lalu. Tara… saat pulang ternyata dia dapat kopi Jambi.
7716228_f9f1c81f-43e9-49fc-9957-981a0cbe6cc9Konon Kopi yang satu ini paling terkenal di Jambi. Kualitasnya paling oke, dan rasanya emang berasa kopi banget.  https://kopisumatra.wordpress.com/kopi-jambi/. Lengkap banget di sini, ada besar lahan kopinya juga di Jambi dan beberapa jenis biji kopi yang terkenal di Jambi. Oh Indonesia, kaya nian negaraku ini. Benar kayaknya lempar tongkatpun langsung jadi tanaman, luar biasa. Bahagia jadi orang Indonesia.

Berasal dari oleh-oleh dari mahasiswa suamiku, aku jadi pengen tahu tentang kopi. Bukan karena kasus Jessika ya.hehehe….

Ternyata biji kopi dan minuman kopi itu adalah hal  yang berbeda.Kalau minuman kopi itu ada yang murni hanya kopi dan air, tapi ada juga yang berisi campuran susu dan beberapa rempah. Ini beberapa biji kopi yang ada di dunia dan asalnya disebut kopi itu.Pada dasarnya jenis biji kopi hanya dua Robusta dan Arabika, tetapi namanya berbeda sesuai tempat tumbuhnya tanaman kopi di suatu tempat (negara).https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_coffee_varieties

  1. Biji kopi arabika

kaffee_arabica1

Kopi arabika merupakan tipe kopi tradisional dengan cita rasa terbaik. Sebagian besar kopi yang ada dibuat dengan menggunakan biji kopi jenis ini. Kopi ini berasal dari Etiopia dan sekarang telah dibudidayakan di berbagai belahan dunia, mulai dari Amerika Latin, Afrika Tengah, Afrika Timur, India, dan Indonesia. Secara umum, kopi ini tumbuh di negara-negara beriklim tropis atau subtropis. Kopi arabika tumbuh pada ketinggian 600-2000 m di atas permukaan laut. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 3 meter bila kondisi lingkungannya baik. Suhu tumbuh optimalnya adalah 18-26 oC. Biji kopi yang dihasilkan berukuran cukup kecil dan berwarna hijau hingga merah gelap.Kopi yang menguasai 60% pasar dunia adalah kopi dengan jenis Arabika. Kopi Arabikamemang unik. Begitu harum dan kaya rasa, terkenal dengan rasa asam yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi Robusta yang memang terkenal dengan pahit nya.http://www.specialtycoffee.co.id/beragam-varietas-kopi-arabika/

2.Biji kopi robusta

biji-kopi-robusta-cenderung-lebih-bulat

Biji kopi robusta, jenis kopi kelas 2.

Kopi robusta pertama kali ditemukan di Kongo pada tahun 1898. Kopi robusta dapat dikatakan sebagai kopi kelas 2, karena rasanya yang lebih pahit, sedikit asam, dan mengandung kafein dalam kadar yang jauh lebih banyak. Selain itu, cakupan daerah tumbuh kopi robusta lebih luas daripada kopi arabika yang harus ditumbuhkan pada ketinggian tertentu. Kopi robusta dapat ditumbuhkan dengan ketinggian 800 m di atas permuakaan laut. Selain itu, kopi jenis ini lebih resisten terhadap serangan hama dan penyakit. Hal ini menjadikan kopi robusta lebih murah. Kopi robusta banyak ditumbuhkan di Afrika Barat, Afrika Tengah, Asia Tenggara, dan Amerika Selatan. Cenderung kasar dan pahit sekali rasanya.http://bibitbunga.com/blog/perbedaan-kopi-arabika-dan-robusta/

3. Kopi luwakkopiluwakcivetpoop1.jpgBiji kopi luwak hasil fermentasi alami di perut hewan luwak.

Jenis kopi yang lain merupakan turunan atau subvarietas dari kopi arabika dan robusta. Biasanya disetiap daerah penghasil kopi memiliki keunikannya masing-masing dan menjadikannya sebagai suatu subvarietas. Salah satu jenis kopi lain yang terkenal adalah kopi luwak asli Indonesia.

Kopi luwak merupakan kopi dengan harga jual tertinggi di dunia. Proses terbentuknya dan rasanya yang sangat unik menjadi alasan utama tingginya harga jual kopi jenis ini. Pada dasarnya, kopi ini merupakan kopi jenis arabika. Biji kopi ini kemudian dimakan oleh luwak atau sejenis musang. Akan tetapi, tidak semua bagian biji kopi ini dapat dicerna oleh hewan ini. Bagian dalam biji ini kemudian akan keluar bersama kotorannya. Karena telah bertahan lama di dalam saluran pencernaan luwak, biji kopi ini telah mengalami fermentasi singkat oleh bakteri alami di dalam perutnya yang memberikan cita rasa tambahan yang unik.hiiii… tapi kopi ini jadi mahal karena rasanya, hiiii.https://en.wikipedia.org/wiki/Kopi_Luwak.

Nah, jenis minuman kopinya jadi berbeda tergantung takaran dan campurannya. Next time aku bakalan bahas jenis minuman kopi dan yang terkenal di beberapa negara. JAdi beda yah biji kopi dan minuman kopi :). Selamat sore, selamat menikmati kopi bersama teman atau keluara :). Have a nice Wednesday….. today our wedding is in 7 month. Alhamdulillah semoga kita bisa jadi keluarga sakinah mawaddah wa rahmah ya. Amiin.. selamat ngupi2.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s