Minuman Kopi di Seluruh Dunia

17/11-2016 (10.15)

Lanjutan dari postingan aku kemarin nih. Kalau kemarin aku bahas tentang biji kopi yang ada di dunia. Sekarang tentang macam minuman kopi yang ada di dunia.

Dari kecil aku tahunya bikin kopi itu tinggal seduh, kasih gula sama air panas. Itu waktu kopi instan belum ada. Sekarang ada kopi instant tinggal gampang masukin gelas, seduh pake air panas, jadi deh, tinggal dinikmati bersama sepotong roti atau pisang goreng. Ngupi2…..

Ternyata di beberapa negara, saking kreatifnya kali yah. Minuman kopi dibuat lebih nikmat dan berkhasiat, jadi gak sesimple yang biasa aku bikin. bahkan di Yunani anak bayi yang baru lahir, sengaja diminumin kopi Frape supaya badanya punya daya tahan tubuh yang bagus.

Wah, perasaan waktu aku kecil, boro=boro boleh minum kopi ya, ngelirik dikit aja langsungpara orang tua akting ” pahit banget, bener deh” sambil mua nyureng-nyureng sok kepahitan, lah kalo pahit kenapa hampir tiap hari diminum yah, hehehe.

https://www.youtube.com/watch?v=aBLYSO0DSVI&spfreload=10. Kamu bisa cek beberapa cara bikin kopi di beberapa negara yang ada divideo youtubenya. Ada sembilan negara yang punya ciri khas bikin kopi yang berbeda dan bahan serta cara membuatnya. So simple, tapi bahannya agak beragam daripada kopi instan atau yang biasa dilakukan di indonesia.

Kita coba kupasin satu-satu yah sedikit dari beberapa filosofi minuman kopi dari beberapa negara ini.

  1. Yuanyang

Kopi ini terkenal di Hongkong. Perpaduannya antara Black tea dan Kopi dengan bagian yang sama menggambarkan tentang hubungan perempuan dan laki-laki. Sehingga sering disebut minuman romantis. Karena sekali teguk dapat merasakan perpaduan cinta seorang laki-laki dan perempuan.

Bahan dari Kopi Yuanyang

Black Tea, Coffe, Ice cubes, Condensed Milk

Cara membuatnya

3 sdm (sendok makan) condensed milk + 1 cup coffe + 1 cup Black tea + Masukkan ice cubenya.

wpid-yuanyang-2-ok.jpg

2. Marocchino

Kopi yang satu ini terkenal di Italia. Pertama kali dibuat di daerah Alessandria. Biasanya di sediakan dalam gelas kecil. Kopi ini dibuat dari campuran esspresso atau ristretto yang dicampur dengan susu dan coklat. Coklat yang biasa digunakan adalah coklat Italia yang bernama Ferrero atau juga menggunakan Nutella. Nama Marocchino berasal dari warna kulit g coklat terang yang biasa digunakan untuk bando di tahun 1930.https://en.wikipedia.org/wiki/Marocchino

caffe_marocchino.png

3. Espresso

Espresso adalah minuman yang dihasilkan dengan mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi.[1] Espresso berasal dari Bahasa Italia yang berarti express atau “cepat” karena dibuat untuk disajikan dengan segera kepada pelanggan.[2] Di dalam espresso terdapat lebih dari enam ratus komponen zat kimia termasuk diantaranya gula, kafein, protein, emulsi dari minyak kopi, koloid, dan partikel kopi dalam suspensi dengan gelembung gas kecil.[3] Pada setiap espresso terdapat suatu komponen yang disebut crema yang merupakan busa keemasan yang terdiri dari minyak, protein, gula yang mengambang di permukaan.[4] Secara teknis, espresso diperoleh ketika 45 ml air disemburkan melewati 7 hingga 9 gr kopi bubuk pada temperatur 90 °C dengan tekanan 9 atmosfer.[3]

Espresso_types.jpg

4. Ristretto

Ristretto adalah minuman kopi yang serupa dengan espresso tetapi menggunakan air yang lebih sedikit.[1][2] Nama ristretto berasal dari Bahasa Italia yang memiliki arti “terbatas” atau “terlarang”.[1][2] Kopi ini mendapatkan namanya karena volume air yang keluar dari mesin penggiling kopi dibatasi tetapi waktu yang digunakan haruslah sama seperti pada espresso.[1][2] Hal ini menyebabkan kopi ristretto menjadi lebih pekat dibandingkan dengan espresso.[3] Volume kopi yang dihasilkan dalam pembuatan ristretto adalah sebanyak 0.5 hingga 0.75 ons dalam waktu 25 detik.[4] Walaupun waktu yang digunakan untuk membuat ristretto sama dengan espresso tetapi volume kopi yang dihasilkan untuk ristretto hanyalah sebanyak setengah dari volume espresso.[4] 

Wih gak kebayang deh pahitnya kayak apa, espresso aja udah pahit, tapi buat penyuka kopi ini adalah tantangannya.

ristretto-vs-espresso-1100x575.jpg

5. Kaisermelange

Kopi yang satu ini asalnya dari Austria. Cara bikinnya sangat mudah. Dan dari bahannya Kopi ini berfungsi untuk meningkatkan stamina.

Bahan

Telur, Madu dan Kopi.

Cara membuatnya

Pisahin kuning telurnya, lalu tambahkan madu 2 sendok makan dan kopi 1 cup, jadi deh kopinya.

Untuk orang -orang di Austria, kopi itu adalah budaya. Minum kopi bisa dirumah atau di kafe-kafe dan dilakukan minimal 1 jam sambil berbincang. KAlau mau tahu lebih banyak tentang varian rasa kopi di austria, kulik disini deh, jadi kalo kamu berkunjung ke sana, kamu bisa tahu kopinya haram atau halal, hehe.http://www.tasteofaustria.org/coffee/

KAISER-MELANGE-Austrian-coffee-recipe.jpg

6. Irish Coffe

Kopi ini berasal dari Ireland, dan gak cocok buat umat muslim, karena ada kandungan whiskey di dalamnya.Nama kopi dan penemunya adalah Joe Sheridan .Tahun 1940, Joe Sheridan  diembargo dalam suatu kapal oleh beberapa orang Amerika. Lalu dia menambahkan whiskey ke dalam kopi untuk menghangatkan penumpang, allu dia memberikan nama kopi tersebut Irish Coffe.https://en.wikipedia.org/wiki/Irish_coffee.

7. Frappe

Kopi ini berasal dari Yunani dan biasanya diminumkan pada bayi yang baru lahir supaya memiliki kekebalan tubuh yang baik. Bahannya sederhana instant coffe, gula, air dan miker. Cara membuatnya masukkan 1sdm instant kopi lalu 1 sdm gula kemudia berikan sedikit air, campur hingga jadi satu, tambahkan e batu dan air dingin, jadi dan siap diberikan pada anak bayi yang baru lahir. Segelas? dikit aja kali.

8. Cha Phe Sua Da

Kopi ini berasal dari Vietnam. Menggunakan kopi pekat, susu, es batu dan pengaduk. Cara membuatnya campurkan kopi pekat dan 2-3 sdm susu kental manis. Aduk menggunakan pengaduk lalu tambahkan es batu. Siap di nikmati.

Nah, mau berkreasi dengan kopi yang mana hari ini? :).

Tenang kandungan kafein dalam tiap kopi cuma bertahan 9 jam, tinggal atur deh jam minum kopinya biar tetap bisa bobo siang, atau bobo malam, jadi gak ganggu jam biologismu. Selamat mencoba.

Advertisements

3 thoughts on “Minuman Kopi di Seluruh Dunia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s