Kopi bisa bikin kita ………………..

21-11-2016 (13.21)

Hujan-hujan gini, enaknya ngopi sambil ditemani bakwan atau pisang goreng. Hmh…. bakalan tambah melar eike. Tapi menurut tayangan di Trans Tv, wajar kalau di awal pernikahan seorang wanita akan menaiki kenaikan berat badan, bisa sampai 6 kg. Karena biasanya akan menikmati awal pernikahannya dengan wisata kuliner dan sebagainya. Hehe… tapi hari ini aku lagi gak mau bahas kebiasaan orang-orang yang baru pada nikha.

Mau share tentang manfaat minuman hitam ini.

  1. Ngilangin kantuk

bahaya-minum-kopi-saat-mengantuk-_21-01-16-11-21

Pada dasarnya, setiap orang itu memiliki jam biologis berbeda. Ada yang mudah mengantuk dan tertidur bangunnya lama ada juga yang berkebalikan.Dulu, setiap mau ujian pasti anak kuliahan selalu sedia kopi, supaya gak ngantuk dan bisa begadang untuk belajar kebut semalam supaya berhasil mengerjakan ujiannya.

Ada apa sih dengan si kopi?

Ternyata di dalam kopi itu ada zat yang disebut kafein. Zat ini berlawanan kerjanya dengan  adenosin. Apa itu adenosin? Adenosina trifosfat (ATP) adalah suatu nukleotida yang dalam biokimia dikenal sebagai “satuan molekular” pertukaran energi intraselular; artinya, ATP dapat digunakan untuk menyimpan dan mentranspor energi kimia dalam sel. ATP juga berperan penting dalam sintesis asam nukleat. Molekul ATP juga digunakan untuk menyimpan energi yang dihasilkan tumbuhan dalam respirasi seluler. ATP yang berada di luar sitoplasma atau di luar sel dapat berfungsi sebagai agen signaling yang memengaruhi pertumbuhan dan respon terhadap perubahan lingkungan.https://id.wikipedia.org/wiki/Adenosina_trifosfat.

Dalam tubuh,Adenosin diserap oleh otak dan bekerja di dalam tubuh untuk memperlambat kerja saraf, sehingga kita merasa ngantuk.Sementara Kafein  bekerja untuk menghalangi penyerapan adenosin oleh otak. Molekul kafein secara kimiawi mirip dengan adenosin. Kafein meningkatkan aktivitas sel saraf sehingga tubuh bereaksi secara psikologi ” Flight or Fight”. Reaksi ini menyebabkan hormon adrenalin di produksi di seluruh aliran darah dan meningkatkan denyut jantung.

Apa itu adrenalin?

Adrenalin atau yang juga dikenal sebagai epinefrin adalah hormon stres yang diproduksi oleh kelenjar adrenal. Adrenalin dapat membuat jantung berdetak lebih cepat, memperkuat kekuatan kontraksi jantung, dan membuka bronkiolus (kantong udara) di paru-paru.http://www.alodokter.com/adrenalin-ternyata-bisa-berbahaya.

Meskipun pengaruh dari mengkonsumsi kafein sangat singkat, asupan berkelanjutan selama periode yang panjang dapat menyebabkan pengaruh pada tingkat daya tahan tubuh. Jika ini terjadi, ketika seseorang kemudian tidak mengkonsumsi kafein, tubuh dapat menjadi sensitif terhadap adenosin, yang pada gilirannya dapat menyebabkan penurunan tekanan darah dan menyebabkan sakit kepala, lekas marah dan kekurangan dalam membarui tubuh untuk tidur dengan lelap.Penggunaan kafein yang berlebihan secara berkepanjangan dapat menyebabkan kecanduan dan keracunan.https://lampukecil.com/2014/07/25/mengapa-kopi-bisa-membuat-kita-tidak-ngantuk/.

2.Meningkatkan Stamina

Seperti yang dibahas di tulisan sebelumnyaMinuman Kopi di Seluruh Dunia bahwa tiap negara memiliki ciri khas tersendiri dalam pembuatan kopi. Beberapa bumbu dapur  berikut ini bisa ditambahkan dalam kopimu, untuk meningkatkan stamina tubuh.

a. Jahe( Zingiber Officinale)

Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin, metabolisme & pencernaan juga semakin lancar sehingga mempercepat pembakaran kalori dan mencegah perut buncit.Kopi jahe juga cocok untuk menemani perjalanan jauh anda, kopi akan memberikan stamina tambahan dan membuat anda terus waspada akan keadaan sekitar, sedangkan jahe akan mengurangi rasa mual dan kembung dalam perjalanan sehingga anda bisa terus dalam keadaan nyaman.

b. Kunyit

Buat yang kurang suka dengan rasa kopi bisa dicoba nih. Karena rasa kunyitnya bisa mengalahkan rasa kopi. Bermanfaat untuk anti radang dan mencegah kanker.

c. Kayu Manis

Bisa dicampurkan dengan kopi untuk menurunkan kolesterol dan bisa menyeimbangkan hormon wanita serta meningkatkan kesuburan wanita karena didalamnya terdapat zat Cinnamaldehyde.

Kayu manis juga memiliki asam lemak anti-peradangan yang disebut arachidonic. Asam lemak ini dapat mengurangi radang dan juga mencegah penggumpalan darah.

Tahu gak, jika mencium aroma kayu manis diketahui bisa meningkatkan aktivitas otak seperti meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan kecepatan bekerja. Penasaran benar atau enggak? Yuk coba.

d. Telur

Kaisermelange di Austria juga menggunakan telur dalam pembuatan kopinya Minuman Kopi di Seluruh Dunia. Ternyata di Indonesia juga ada khas daerah yang mencampurkan telur dengan kopi namanya kopi talua dari Padang.

Yuk coba resep Kopi Talua khas Padang berikut ini.

Bahan :
1 1/4 sdt madu
1/4 sdt ekstrak vanili
1 kuning telur
1 sdm susu kental manis
1 shot Coffesso Zest

Cara membuat :
Campur madu, ekstrak vanili, dan kuning telur dalam gelas tinggi. Gunakan kockan tipis, perlahan masukan 1/4 cangkir air mendidih, kemudian kocok hingga berbusa, tuang susu kental manis, lalu tuangkan kopi lewat lubang yang ditinggalkan oleh susu tadi agar terbentuk 3 layer, susu, kopi & busa.

Beda tipis yah sama kopi Kaisarmelange dari Austria.

Kenapa telur?

Karena telur mengandung banyak nutrisi seperti kolin, vitamin A, CVitamin E, Omega 3 dan bisa dilihat disini http://permathic.blogspot.co.id/2013/12/kandungan-gizi-dan-manfaat-telur-bagi.html

e. Mentega

Waw, kopi Mentega atau disebut juga Fat Black di Inggris, adalah kopi yang bisa menurunkan berat badan. Penasaran, ya saya yang gendut juga penasaran nih mau coba.

http://www.drishop.co.id/5-makanan-untuk-meningkatkan-manfaat-kopi/

3. Bagus buat kulit

Kalau tadi bagus buat stamina tubuh, ternyata kopi juga oke banget buat ngencengin kulit,menyegarkan kulit, merevitalisasi kulit dan mengangkat sel mati pada kulit.

a. Manfaat kopi untuk kulit juga bisa digunakan untuk mengencangkan kulit wajah Anda dan terbebas dari penuaan dini. (baca juga :cara mencegah penuaan dini)

Caranya :

  • Campur ampas kopi dengan putih telur lalu aduk hingga tercampur rata.
  • Oleskan pada wajah sebagai masker.
  • Diamkan 10-15 menit.
  • Lalu bilas dengan air hingga bersih.

Selain itu bisa juga dengan menggunakan larutan kopi yang telah diseduh, dan celupkan kapas ke dalamnya lalu aplikasikan pada kulit wajah secara merata.

b. Dapat menyegarkan kulit wajah.

Kalau Anda ingin menikmati sensasi segar di wajah, tidak ada salahnya jika mencoba menggunakan es batu dari kopi. Caranya :

  • Buat segelas kopi dan tuang ke dalam cetakan es batu.
  • Masukkan ke dalam freezer hingga beku.
  • Setelah membeku, ambil es batu dan usapkan ke wajah.
  • Lalu cuci wajah hingga bersih.

(baca juga : manfaat memakai masker bengkoang setiap hari)

c. Untuk merevitalisasi kulit wajah.

Untuk merevitalisasi kulit wajah dengan menggunakan dapat dilakukan dengan cara :

  • Campur 3 sendok teh bubuk kopi dengan 1 sendok teh susu cair.
  • Aduk keduanya hingga berbentuk pasta.
  • Lalu oleskan pada wajah sambil dipijat dengan gerakan melingkar.
  • Diamkan hingga pasta mengering.
  • Setelah kering bilas dengan air dingin.
  • Keringkan dengan handuk sambil ditepuk-tepuk.

(baca juga : manfaat alpukat untuk kulit)

d. Dapat mengangkat sel kulit mati.

Penggunaan masker wajah dari bubuk kopi yang dicampur dengan putih telur dapat dimanfaatkan untuk mengangkat sel kulit mati. Ampas kopi yang dicampur dengan gula dapat dipakai di siku dan lutut kaki sebagai scrub. Selain dapat mengangkat sel kulit mati pada siku dan lutut kaki, ampas kopi ini juga dapat menjadikan kulit menjadi lebih halus.

(baca juga : manfaat eksfoliasi untuk wajah)

http://klinikkecantikan.co.id/perawatan/kulit/manfaat-kopi-untuk-kulit

Wah, makin cinta yah sama kopi, dan semakin tahu kalau kopi itu gak cuma buat ilangin ngantuk, tapi juga bisa menjaga stamina tubuh, menurunkan berat badan, dan merawat kulit kita tetap sehat. Ada yang punya tips seputar kopi? bisa yang baiknya tentang kopi atau bahaya kopi.

 

Advertisements

One thought on “Kopi bisa bikin kita ………………..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s