Diet Pake Kopi?

22/11-2016 (08.56)

Hahaha…. Kata Diet itu sudah memenuhi otakku sejak SMP. Padahal waktu itu berat badanku gak se cihuy sekarang loh. Sekarang berat badanku around 80. Waktu SMP berat badanku around 60. Setelah di pikir-pikir masalah berat badan ini ada kaitannya dengan ketidak puasan seseorang terhadap bentuk badannya. Biasanya yang mengalami ini adalah  wanita. Ada juga sih kaum pria yang ngotot diet biar punya perut six pack, tapi jumlah manusia yang pengen diet masih lebih banyak wanita.

Kalo kata orang sih badan aku proporsional. Karena kakiku panjang, jadi orang melihatnya aku tinggi dan langsing, bukan gendut tapi bohay, hehehe. Segala cara untuk punya berat badan ideal sudah aku coba nih. Tapi biasanya kalap dan balik lagi deh ke berat awal. Aku pernah mencapai berat badan 85 kg paling berat dan paling kurus 62 kg. Tinggi badanku hanya 165 cm, jadi bisa dibayanginkan gimana bantet dan bulednya aku, hehe.

Belakangan ini waktu lagi share tentang kopi, aku baca kalau Fat black alias kopi mentega bisa menurunkan berat badan. Ada juga sih Green Coffe. Nah dari pada penasaran, aku mau kulik satu-satu nih. Apakah benar begitu, dan apa prosesnya sampai si hitam pahit ini bisa bantu menurunkan berat badan atau diet.

Katherine Zeratsky, RD,. LD, ahli nutrisi dari Mayo Clinic yang menjelaskan bahwa kafein dapat membantu sedikit menurunkan berat badan atau mencegah kenaikan berat badan (kompasdotcom, 6 Desember 2011).

Kopi sejenis minuman yang mengandung kafein. Untuk kopi arabika (tandanya: biji besar), kadar kafeinnya sebesar 1,1% dari beratnya. Sedangkan untuk kopi robusta (tandanya: biji kecil), kadar kafeinnya adalah 2,2% dari beratnya. Meskipun kadar kafein kopi arabika lebih rendah tetapi aromanya lebih harum, dan rasanya lebih kuat.http://www.kompasiana.com/muhammadsyukri/diet-alami-dengan-kopi_5528837a6ea834d8718b458c

Sebenarnya kandungan dalam kopi itu bukan hanya Kafein , tetapi juga ada kandungan lainnya seperti Theobromine dan theophylline,Chlorogenic acid. Beberapa fungsi zat tersebut dalam tubuh kita ada lah sebagai berikut:

▪ Kafein, yang merupakan stimulan sistem saraf pusat.

▪ Theobromine dan theophylline, substansi yang juga berhubungan dengan kafein dan memiliki efek serupa seperti stimulan.

▪ Chlorogenic acid, yaitu salah satu senyawa biologis aktif yang bisa memperlambat penyerapan karbohidrat.

Apa sih yang dilakukan kafein dalam tubuh kita?

  1. Menguraikan Lemak dalam tubuh

Kafein  dalam kopi bisa merangsang sistem saraf dengan mengirimkan sinyal langsung ke jaringan lemak untuk memecah dan menguraikan lemak yang masuk ke dalamnya. Hal lain yang dilakukan kafein adalah meningkatkan tingkatan hormon epinephrine dalam darah—atau yang juga dikenal sebagai adrenaline.

Epinephrine ini pun akan menyebar ke seluruh darah, termasuk ke jaringan-jaringan lemak, lalu mengirimkan “perintah” untuk memisahkan lemak itu dan melepaskannya ke sel-sel darah. Sederhananya, kafein tidak memberi kesempatan kepada lemak-lemak itu mengendap terlalu lama, namun “mengubahnya” menjadi pelecut yang mengonversinya menjadi energi. Inilah salah satu alasan kenapa kopi juga baik dikonsumsi sebelum berolahraga.

2. Meningkatkan metabolisme

Pernah dengar istilah resting metabolic rate (RMR)? Jika belum, penjelasan sederhananya RMRadalah: seberapa banyak kalori yang kita bakar ketika sedang beristirahat.Beberapa studi menunjukkan kalau kafein bisa menaikkan RMR sebesar 3-11 %. Makin banyak kafein yang dikonsumsi maka makin besar pula efeknya.

semua efek kopi ini akan bekerja jika polyphenols atau zat-zat penting dalam kopi tetap terjaga. Karena kenyataannya banyak polyphenols dalam kopi hilang selama proses roasting. Nah balik lagi, di sinilah diperlukan kejelian masing-masing peminum kopi untuk memilih jenis kopi apa yang ingin dibeli. Sebaiknya sih, pilih kopi dengan variasi light roasted.

Nah, sekarang masih mau kurus pake  kopi? ada syaratnya nih pastikan kopi kamu:

 1. Tidak bergula atau bersirup

2. Bukan kopi instan

3. Bukan kopi 3 in 1

 Kopi + gula = BAD BREATH + FAT STORING & CEPAT LAPAR

Kopi + sirup = idem

Sebaiknya bikin Fat Black disini resepnya http://www.ronsbodylab.com/single-post/2016/02/17/BulletProof-Coffee-burns-fat.

Yang lagi trendi lagi kopi hijau nih alias Green Coffe. Ternyata ini bukan kopi jenis baru, tapi kopi arabika atau robusta yang masih hijau. Di Indonesia biasanya di jual dengan merk Exotica atau Green Coffe. Racikan kopi Exotico adalah 30% kopi Robusta dan 70% kopi Arabica. Dengan perbandingan yang pas, menghasilkan kopi yang sangat nikmat.
http://www.kompasiana.com/empuratu/exotico-green-kopi-yang-bisa-bikin-langsing_55c6d281707a610512e1b46b.

Mau coba langsing pake cara ini? eits kalo berat badan kamu udah termasuk obesitas, tetap harus dibarengi dengan olahraga yang teratur ya, kalau cuma minum kopi aja terus bisa langsung langsing sih namanya, ngimpi doang. Heheh.

Ayo cari kopi di lemari kamu, dan seduh dengan air panas, no gula or sirup yah, bisa dengan mentega atau bumbu dapur yang aku udah share di Kopi bisa bikin kita ………………..supaya stamina kamu jadi lebih oke dan mood kamu jadi cerah ceria. Selamat pagi, Selamat ngopi :).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s