Mau Pelihara Hewan, tapi…

26-11-2016 (10.49)

Suamiku dan aku punya hobi yang berbeda waktu kecil. Sebenarnya kami punya keinginan yang sama, memelihara hewan. Tapi apa daya karena orang tua kita berbeda, jadi treatmentnya juga pasti beda.

Suamiku termasuk orang yang bisa bertanggung jawab sama binatang peliharaannya. Semua binatang yang dipelihara dia sehat dan dia berhasil merawatnya. Kalaupun akhirnya ganti hewan peliharaan bukan karena mati, tapi karena lepas atau hilang. Sementara aku kebalikan dari suamiku. Paling suka dan pengen banget pelihara ikan dan kura-kura. Tapi entah kenapa, hewan yang sudah berada dalam pemeliharaanku pasti mati, hahahah. Gak bakat pelihara hewan kali ya.

Oke kita list hewan peliharaan suamiku. Dia pernah punya kura-kura, ular, ayam dan kucing. Kura-kura suamiku sempat sampai besar dan saat banjir hanyut lalu hilang. Ularnya juga begitu, lepas, dicari gak ketemu, untungnya bukan ular berbisa, tapi kalo tambah besar bisa makan orang atau binatang dengan cara melilitnya. Kalau ayamnya sudah besar biasanya dipotong, sementara kucing-kucingnya sempat juara tiga se Bandung, dan karena ada aku jadi kucing-kucingnya di ungsikan kekakaknya.

Sementara aku punya hewan peliharaan kelomang, kura-kura, ikan dan semuanya mati karena aku lupa kaih makan atau gak ganti air atau gak peduli sama keadaan mereka. Parah yah.

Ternyata dalam agama islam di atur loh, bagaimana cara memelihara hewan.

Hukum memelihara binatang menurut islam pada dasarnya boleh namun dengan beberapa syarat, diantaranya:

1) Binatang yang dipelihara itu bukan babi dan anjing.

     Karena ia kotor (najis) dan haram dikonsumsi dan diperjualbelikan, kecuali jika tujuan memelihara anjing adalah untuk berburu atau penjaga ladang atau hewan ternak, maka ini hukumnya boleh.

Adapun jika tujuan memelihara anjing hanya sebagai hobi atau kebanggaan saja, maka hukumnya haram karena hal itu termasuk perbuatan tasyabbuh (meniru-niru) terhadap kebiasaan orang2 non muslim yg telah diharamkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam didlm hadits yg shohih

2) Harus memberikan makan dan minum kepada binatang piaraan tsb, serta tidak menyakiti atau menyiksanya dlm bentuk apapun.

3) Tidak boleh memperjual belikan binatang piaraan tsb Jika ia termasuk binatang yg haram dimakan spt kucing, anjing, babi, ular, kodok, dll.

Jika syarat-syarat ini terpenuhi maka hukum memelihara binatang adalah diperbolehkan. Akan tetapi yg perlu direnungkan pula oleh sebagian kita yang hobi memelihara binatang piaraan yang harganya dan harga makanan dan perawatannya sangat mahal agar lebih peduli terhadap keadaan kaum fakir dan miskin dari kaum muslimin. Menginfakkan sebagian harta kekayaan kepada mereka jauh lebih besar manfaat dan pahalanya daripada kepada binatang.http://arieskaliandha.blogspot.co.id/2013/03/hukum-memelihara-menurut-islam-dampak.html.

Sekarang, kami tidak memiliki hewan peliharaan sama sekali, hehe. Nanti kalau kami sudah punya anak mungkin aku akan sedikit berdamai dengan memperbolehkan anakku mempunyai hewan peliharaan. Anak diperbolehkan memepunyai hewan peliharaan usia 4-5 tahun. Ada dampak positif dan negatifnya sih.
Dampak positifnya yaitu:

 

Pertama, dengan memiliki hewan peliharaan, si kecil dapat belajar menyayangi  hewan.

Kedua, mereka juga dapat belajar tentang hidup binatang.

Ketiga, anak dapat belajar bertanggung jawab dengan memiliki hewan peliharaan.

Keempat,  memiliki hewan peliharaan dapat melatih hubungan sosial si kecil menjadi lebih baik.

http://sangbuahhati.com/psikologi/kapan-saat-tepat-memberi-hewan-peliharaan/

Banyak juga nih tambahan positifnya pelihara hewan http://www.kompasiana.com/nunungsuryani/ternyata-memelihara-hewan-kesayangan-membuat-kita-sehat-dan-happy_54fd19fda333112b3550f82e

Dampak negatifnya:

  1. Beberapa hewan bisa membawa penyakit rabies
  2. Bulu pada kucing berbahaya untuk ibu hamil
  3. Biayanya relatif mahal
  4. Kurang baik untuk kesehatan jika rumahnya kecil.

https://id.wikipedia.org/wiki/Kucing_dan_manusia.

Hihi, sekarang kamu mau pelihara hewan apa? Pastikan sesuai dengan rumahmu, dan kesukaanmu. Kalau kau tak suka maka takkan cinta dan gak bakalan sepenuh hati pelihara kucingnya, hehehe.

Kalau aku? Nanti dulu yah peliharanya, kan tunggu punya anakterus anaknya mau peliharanya apa, hehehehe.

Selamat cari hewan peliharaan di weekend ini :). Happy Weekend.

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s