Ikan, enak sih tapi…

2/12/2016 (13.09)

Hehe… Sebenarnya hari ini abis yoga tadi, aku bingung mau ngeblogin apa. Tapi ini aja deh, masalah perikanan.

Suami aku tuh suka banget sama yang namanya ikan dan seafood.Paling males sebenarnya mengolah kedua jenis makanan ini, karena baunya yang menyengat. Apalagi kamar kos aku itu kayak di apartemen deh, cuma bedanya kita gak punya penyedot asap di dapur, jadi bisa dibayangin gimana wanginya tuh kamar kalo abis masak ikan.

exhaust fan (11).jpg

Kurang lebih bentuknya seperti ini.ย 

Emang ventilasi kamarku bagus, cuma aduh males aja, tapi suamiku suka banget jadi gimana donk.

Beragam resep ikan udah dikumpulin nih sama aku, tapi tetep aja deh favoritnya ikan tongkol asam pedas. Alhamdulillah tuh ikan udah enak dari sananya, jadi aku gak usah ribet kasih ini itu, tinggal digoreng terus dibumbuin, voila, siap santap.

Lain lagi sama ikan patin, dia harus dikasih jeruk nipis atau lemon sama garam dulu biar waktu digoreng enak.

Kedua jenis ikan ini tongkol dan patin eits ada satu lagi tuna itu paling gampang diolah dan paling sedikit durinya. Tapi ikan tuna paling mahal dari semuanya.

manfaat-tongkol.jpg

Kalo beli dipasar ikannya udah gak utuh nih, tapi udah dibumbuin dan udah ada rasanya, tinggal goreng aja.Ciri khasnya banyak daging sedikit duri.

Paling gampang nih ngolahnya. Resep dari ibuku, walaupun dia gak amis, tapi tetep di kasih jeruk lemon dan garam sebelum digoreng kemudian di campur dengan bumbu halus.

Resep Ikan tongkol ala Chef Anisah:

Bahan:

  1. Ikan tongkol 6 potong
  2. jeruk lemon/ nipis
  3. Cabe merah 6
  4. Bawang merah 6
  5. Bawang putih 3
  6. sedikit terasi
  7. tomat
  8. asem jawa
  9. garam secukupnya
  10. gula secukupnya

Cara membuat:

  1. lumuri ikan tongkol dengan perasan jeruk nipis/lemon dan sedikit garam diamkan kurang lebih 10 menit. Sambil di diamkan tongkolnya kita bikin bumbunya.
  2. Haluskan Cabe, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi, asem jawa.
  3. Cuci ikan tongkol dengan air mengalir
  4. Goreng ikan tongkol
  5. tumis bumbu yang sudah dihaluskan
  6. masukkan tongkolnya
  7. Siap disajikan

Gampang kan? Kalo mau lebih pedes bisa tambah cabenya. Oh iya, pantang pake MSG kalo aku masak, cuma jadinya kata suamiku rasanya jadi gak standar, hehehe gak papa deh, yang penting sehat yah.

Jenis ikan laut yang satu ini ternyata bisa untuk menyembuhkan penyakit rematik, mencegah anemia dan mencegah ejakulasi dini. Lebih lengkapnya openhttp://manfaat.co.id/manfaat-ikan-tongkol.

Kalau ikan patin biasanya juga dapat 6 potong harganya 13 ribu beda tipis sama ikan tongkol, tapi gak sama ikan tuna. Harga 6 potongnya bisa 30 rb. ow ow ow.

Ikan Patin beda sama ikan tongkol, ikan yang satu ini kulitnya mengandung banyak minyak. Kalau digoreng biasanya kulitnya suka nempel diwajan, duh, males bersihinnya.

gambar-ikan-patin-ilustrasi.jpg

kulitnya terlihat lebih berminyak dan berlemak daripada ikan tongkol.

Kalau beli ikan ini, paling banter digoreng ajah. Suamiku kurang suka makanan bersantan euy. Resep dari Bunda lagi nih.

Ikan Patin Goreng Ala Bu Yani

Bahan:

  1. Ikan patin 6 potong
  2. bawang putih
  3. garam
  4. jeruk lemon

Cara membuatnya:

  1. Ikan patin di cuci bersih, kemudian di lumuri garam dan jeruk lemon
  2. Cuci suapaya gak terlalu asin.
  3. Haluskan bawang putih dan garam, lumuri diikan
  4. Goreng sampai kering, atau sesuai selera.
  5. Sajikan

Gampang bener kan…..dan banyak manfaatnya.

Ikan patin itu berkhasiat untuk menurunkan kolesterol, jantung koroner dan mengoptimalkan pertumbuhan bayi. Jadi bagus nih buat ibu hamil. Manfaat lainnya openhttp://manfaat.co.id/manfaat-ikan-patin.

Selamat mencoba resep aku dan bunda. Kalau masih malas juga mengolah ikan, ingat aja kandungan gizi di dalamnya. Semoga bisa terus masakin makanan sehat dan bergizi untuk suami tercinta. Mau share resep masakan ikan dan kandungan gizi dari ikannya? monggo….

 

 

 

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Ikan, enak sih tapi…

  1. Ny. Wijaya says:

    hahhaa, sama, biasanya kalo di tukang sayur udah dipotongin aja, dan gak ada kepalanya. Ternyata dunia perikanan seru loh non, ada ikan yang matanya cuma 1, ada yang jalannya miring-miring, huhuhu, kangen belajar itu lagi waktu kuliah.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s