Melepas lajang ala Turki (Kina Hatirasi)

20/12-2016

Yuhu…. sudah lama banget nih, kayaknya aku gak ngeblog. Ada sepertinya dua minggu :). maklum sibuk, mertuaku alhamdulillah baru selesai sinar dalam karena mengidap Kanker Nasofaring, apa itu dan kenapa bisa terkena penyakit itu, di lain postingan yah.

Sekarang aku mau cerita tentang keunikan orang-orang Turki dalam melepas masa lajang temannya. Mau postingnya sudah lama sih, karena baru sempat jadi baru di posting sekarang deh.

Masih inget kan kalo aku belajar bahasa Turki di masjid Salman ITB, nah ablanya alias gurunya 18 Desember 20016 menikah. Dengan orang Turki? ALhamdulillah dengan orang Indonesia juga.

Sekaligus belajar budaya Turki Muthi abla, guru bahasa Turkiku mengajak kami ke acara pelepasan masa lajang. Budaya ini biasanya dilakukan pada malam hari. Tetapi karena Muthi Ablanya hanya bisa di siang hari dan muridnya juga, jadilah kami mengadakan pesta ini di siang hari.

Kenapa disebut pesta, karena ini dilakukan hanya oleh semua perempuan dan dilakukan calon pengantin bersama teman dan calon mertuanya. Tujuannya supaya calon pengantin wanita dijauhkan dari hal-hal yang buruk.

Orang Turki sangat ramah. Mereka kebanyakan bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan menyukai Indonesai karena disini banyak orang muslimnya.

Mereka mempersiapkan pesta ini dengan sangat baik, banyak makanan dan musik.

Makanan mereka berbeda dengan makana pesta orang Indonesia. Ada Pogaca yang seperti donat tapi membuatnya di oven. Ada juga Pisi yang bahannya sama dengan Pogaca tapi cara membuatnya di goreng.

Selebihnya salad, teh manis dan buah-buahan seperti salak, anggur dan apel.Oh iya ada satu lagi nasi di campur dengan susu.

Jpeg

yang seperti donat namanya pogaca. Yang dibawah salad namanya pisi nah nasi susu yang ada di dalam cup kecil. Kenyang tapi gak full kayak abis makan nasi.

 

Mereka menghias ruangan sedemikian rupa untuk menyambut calon mempelai.

Jpeg

Jpeg

Sementara calon mempelai wanita di dandanin dan ditutup kepalanya dengan kain. Katanya, supaya saat dia menangis tidak terlihat oleh tamu yang datang.

Tamu yang datang diberikan satu cawan diisi lilin pendek. Ini digunakan untuk mengusir hal-hal buruk dari calon mempelai.

Saat calon mempelai datang kami berdiri berhadapan di depan pintu masuk dan menyatukan cawan kami diatas untuk jalur masuk mempelai wanita.

Jpeg

Jpeg

mempelai wanita masuk kemudian duduk di tengah ruangan. Kami sahabat dan kerabat mengitari calon mempelai dengan nyanyian dalam bahasa Turki yang mengagungkan ibu. Kami mengitari sampai lilinnya mati.

Jpeg

Jpeg

Setelah itu ada satu orang yang memegang nampan yang diatasnya lilin kecil masih menyala ditaruh di atas kepala calon mempelai, sementara itu ibu mertua memberikan emas batangan sebahgai harta yang diberikan kepada menantu dan makanan manis seperti madu atau manisan khas Turki supaya menantunya kelak berkata-kata yang manis terhadap suaminya.

Tapi karena muthi abla orangtuanya ada di jawa, jadi temannya Rana yang menggantikan sang mertua. hehehe, mertuanya juga asli Indonesia, jadi gak ikutan acara ini deh.

Setelah itu saatnya bersenang-senang. Semua tamu undangan berdansa, menari berbahagia bersama. Lelah menari lalu makan hidangan yang disiapkan.

Jpeg

Jpeg

Ada yang unik. mereka tidak mencampur gula dalam tehnya, tetapi gulanya di tempatkan dalam satu wadah dan gulanya berkeliling. seru yah.

Setelah kenyang kami saling memakaikan hena pada tangan kami (sudah acara bebas sih) tapi buat saya orang Turki itu luar biasa ramah.

Jpeg

Jpeg

Next postingan tentang resep makanan, cara makan mereka, jam makannya. Ser deh. Oh iya sama bagaimana beruntungnya orang Indonesia mengenyam pendidikan di Turki daripada di orang Turki di Indonesia. Juga tentang bahaya penyakit ‘ain disana.

Turki itu indah dan unik. Siapa yang punya cerita berkesan tentang Turki share disini yah.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s