Science Fair Kiddos

07-02-2017/11.42/ nostalgia

Sudah hampir setahun aku alpa gak ngajar di sekolah, sekarang sudah masuk bulan kesepuluh. Dulu sempat mengajar di SDI Binakheir selama 5 tahun, dilanjut mengajar di Aljabr International Ismlamic School selama 4 tahun. Pengalaman yang sungguh luar biasa. Walaupun tiap term ada kesibukan yang bikin stress dan dag dig dug, tapi semua hilang waktu melihat anak murid dan gajian serta jalan-jalan bareng temen, hehehe.

Aku mau ceritain yang di Aljabr aja yah. setiap satu tahun sekali ada science fair nih. Anak-anak boleh menampilkan hasil eksperimennya dengan mempresentasikan, atau memperlihatkan sains dalam bentuk performance. setahun aku mengajar di kelas 2 SD, 3 tahun di TKnya. Ini foto yang diambil saat tahun terakhir mengajar di aljabr sebelum pindah ke bandung.

Grup seru ini sedang mempersiapkan properti untuk menjelaskan tentang siklus hidup katak. Ada Bella yang selalu cranky, menangis selalu sebelum masuk sekolah. Ada Justin yang sempat kena virus kawasaki (blasteran canada dan Makassar). Ada Daru yang gak bisa diam dan kecanduan kartunnya keluarga Somad, makanya sering bilang eladalah. Kangen sama mereka.

P_20160203_082835.jpg

Kalo ini sebenarnya grup performance, tapi mereka juga harus punya jurnalnya sehingga tahu kebiasaan lebah, makanan lebah dan siklus hidup lebah. dari ka-ki : Magali ( anak broken home cantik yang selalu melamun), Michiko (suka cari perhatian sama orang tua dengan menceritakan yang tidak sesuai dengan keadaan), Chivas (kaya genset, panasnya lama), Mash’al ( belum bisa baca -tulis tapi keinginannya untuk bisa sangat kuat dan selalu menjadi leader yang baik dalam kelas), El (pendiam yang sensitif), yang ini siapa ya? maaf yah nak wajahmu blocking kamera, jadi gak ngeh missnya ini siapa, eh dari bentuk-bentuknya inegt deh, ini Azka (ponakan ms. Mona yang suaranya aduhai…. tinggi sekali, dan selalu masuk dalam solois)

P_20160203_082911.jpg

Hahahahhaha-kalian tak terlupakan, peluk-pelukdari bandung, sekarang udah kelas satu aja nih krucil. dari ka-ki : Alya (si perfek, yang harus sempurna dalam mengerjakan apapun, dan masih harus belajar, salah itu gak papa, karena lagi belajar, hehehe), Bellicia (anak ke-6 yang gak bisa diam kaya kutu loncat), Ziv (kesayangan yang doyan makan dan selalu punya jawaban unik dalam segala hal, pernah pipis di depan kelas waktu mau presentasi, setiap hari adalah satu keunikan, gak ada Ziv gak seru, hehehe),Nayo (si terburu-buru yang mau selalu benar hasilnya), Kevin ( anak kepala sekolah yang keras kepala dan berkemauan kuat).

P_20160203_082926.jpg

Dari ka-ki : Galur (cerdas,pintar suka memijat guru, tapi jarang masuk sekolah karena kondisi kesehatannya kurang baik), Remmy (adeknya kakak aldo yang beda banget sama kakaknya tapi syangnya luar biasa, sudah bisa baca dan tulis dalam bahasa inggris, makannya lamaaa), Naiya (terlihat dewasa di dalam kelas, tapi jika sudah dirumah manjanya luar biasa, secara dia adalah anak tunggal.

P_20160203_083024.jpg

Grup seru ini sedang mempersiapkan properti untuk menjelaskan tentang siklus hidup katak. Ada Bella yang selalu cranky, menangis selalu sebelum masuk sekolah. Ada Justin yang sempat kena virus kawasaki (blasteran canada dan Makassar). Ada Daru yang gak bisa diam dan kecanduan kartunnya keluarga Somad, makanya sering bilang eladalah. Kangen sama mereka.

P_20160205_141924.jpg

Hasil grupnya Naiya, mereka membuat kura-kura,, habitatnya, dan makanan serta siklus hidupnya.

P_20160205_142339.jpg

Hasil grupnya Kevin tentang Rantai makanan. Rumput di makan sapi, sapi dimakan ular,ular dimakan elang dan elang di tembak manusia. Mereka juga membuat telur ular dan anak ular, untuk menjelaskan siklus hidup ular. 

P_20160205_142052.jpg

Hasil karyanya grup Bella tentang habitat katak, makanan katak dan siklus hidup katak.

Seru, nanti ada sekolah lain yang datang mengunjungi stand anak-anak dan bertanya seputar proses dan apa maksud dari karya yang dibuat.

Sedangkan waktu aku pegang SD, sudah lebih kompleks lagi. Moment ini selalu menyenangkan dan bikin dag dig dug guru sih, tapi kalau sudah selesai rasanya lega…… Alhamdulillahnya di Aljabr proses ini masuk ke penilaian assessment dalam raport sementara di SD islam binakheir ini termasuk yang terpisah. Tapi kedua sekolah ini sama-sama seru kalau sedang mengadakan pameran sains.

Hmh, bakalan kerja di sekolah yang punya program sain seru lagi gak ya….. mari do’a….. Azan Zuhur berkumandang nih. Selamat melakukan Shalat Dzuhur…. hmh kalau jam segini di Aljabr, sedang membagikan buku untuk di bawa pulang dan bersiap untuk pulang dengan sedikit review tentang apa yang di pelajari hari ini, dan apa yang harus dibawa keesokan harinya.

Terus jadi anak soleh dan solehah ya anak-anakku.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s