Gamesnya Gen Y

13/02/2017-19.39-Cafe Tabe Gula -With My Husband

Suka kesel kalo lihat suami lagi nge games, kayaknya serius banget, dunia seakan miliknya dan games. Alhamdulillah gak setiap hari, karena aku bisa mengalihkan dunianya.

Aku orang yang paling gak hobi sama main games menurutku itu cuma ngabisin waktu aja, sebab kalo aku sudah suka sama satu permainan rasanya sulit untuk berhenti.Sama seperti nonton film Korea, langsung Addict.

Suamiku bisa banget nih main tapi gak ketagihan. Sampe penasaran, aku cari tahu deh, manfaat game untuk anak-anak, mencegah kita berdua salah paham terhadap Games.

Games yang di maksud ini adalah games dalam komputer yah, bukan permainan atau yang mengajak anak untuk beraktifitas fisik.

Dari beberapa artikel yang kita baca. Kami sepakat untuk, jika kelak punya anak. Anak tidak terlalu banyak main game dalam komputer, ada hari khusus untuk main game. Tidak berlebihan, dan lebih banyak melakukan aktifitas fisik di luar rumah dan bersama keluarga.

Setelah sepakat, suami minta aku cari tahu beberapa manfaat bermain game di komputer. Sempet ngeyel sih, bilang gak ada. hehehe, sifat bawaan orok nih, sampe ketemu beberapa artikel yang mengatakan bahwa, games dalam komputer itu ada keuntungannya juga untuk yang memainkannya. Apa saja ya?

1.Melatih kemampuan spasial
Melalui permainan, kemampuan spasial anak yang berhubungan dengan kecerdasan gambar dan bervisualisasi akan terasah. Kemampuan ini akan berpengaruh dengan kemampuan berhitung mereka. Selain itu, permainan juga akan membantu penggunaan motorik halus anak.SSehingga anak dapat belajar menulis dengan baik dan rapih.http://female.kompas.com/read/2012/09/03/11470652/Manfaat.Positif.Main.Game.untuk.Anak

2.Koordinasi Mata dan Tangan

Bermain video game sebenarnya dapat meningkatkan ketangkasan anak Anda, yang sangat berguna untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Sebenarnya banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk meningkatkan koordinasi antara tangan dan mata, tetapi hal itu kurang menarik keinginan anak-anak untuk mencobanya.Permainan seperti Piano Tiles bisa membantu anak untuk melatih koordinasi tangan dan mata. Banyak Game lainnya dalam X-Box. Tapi ingat waktu bermainnya yah, maksimal 2 jam.https://gerdykerty.wordpress.com/10-manfaat-bermain-game/

3.Memperbaiki mood
Anak-anak biasanya akan merasa sangat bahagia ketika mereka mendapatkan jatah istirahat dari rutinitas yang berbau buku dan diperbolehkan bermain di depan komputer atau play station selama beberapa jam. Aktivitas bermain game berperan dalam merevitalisasi pikiran mereka sehingga suasana hati mereka cenderung bahagia.Anak-anak itu memang dunianya bermain, jadi tidak ada salahnya kalau membuat mereka relax setelah seharian atau seminggu penuh belajar di sekolah.http://www.tonfeb.com/2015/02/manfaat–bermain-game-untuk-anak.html

4.Pengenalan teknologi
Game online dan konsol secara tak langsung akan mengajarkan anak untuk lebih memahami teknologi informasi yang sedang berkembang sekarang ini. Supaya anak paham cara menggunakan teknologi dengan baik, kenalkan baik dan buruknya suatu teknologi, sehingga jika orangtua sedang idak ada waktu untuk memantau mereka tahu atasannya. Memang yang terbaik dalam bermain games di komputer selalu dalam pengawasan orangtua dan permainan yang di download sebaiknya di pilihkan oleh orang tua.

Nah, ternyata dalam kebaikan si games, tetap harus ada pengawasan dari orangtua dan kejelian orangtua dalam memilihkan games yang sesuai dengan usia anak dan menunjang edukasi serta kemampuan motorik yang bisa membantu anak menjadi lebih berkembang dalam hal soisal dan emsional.

Selamat menjadi orangtua cerdas, dengan mengetahui  pasti apa yang di download dan di mainkan anak. Semua tetap di bawah kendali orangtua. Perhatikan juga waktunya. Buat jadwal bersama anak dan suami, sehinga semuanya dapat mematuhi peraturan itu bersama.

Ternyata games gak selamanya buruk yah….. Hayo mulai cari di Apply Store, game yang edukatif. Kalo ada yang punya recommended  game untuk anak usia dini boleh di share di sini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s