Sehat

15-02-2017. 15.57. in our bedroom

Hari ini libur nasional karena ada Pilkada serentak. Jujur nih, kita tahunya Pilkada Jakarta saja, karena pemberitaan terfokus kesana. Nah, karena kita gak punya KTP Jakarta, jadi liburan kali ini stay di Bandung.

Pagi-pagi kita udah mulai ngikutin challenge nya Google Fit untuk bisa 10.000 step. Keluar kosnya sudah agak siang sih sekitar jam 07.00 WIB. Tapi nikmatin dong liburan di Bandung, jarang-jarang nih, hehe.Alhamdulillah selama 2,5 jam 7 km dan kehilangan 1272 kalori, kita berhasil menempuh 10.000 step. Dari Dago-Juanda-Dipati Ukur. Kita hebat banget, gak pernah segitu jauh jalan kaki, sekarang bisa. Udahannya jangan tanya, kita pada tewas…. sekarang suamiku masih tidur tuh kecapean dia, hehe.

Awalnya gegara suami dapet hadiah mi-band dari mahasiswanya, alhamdulillah mulai suka sama olahraga yang namanya jalan kaki, tadinya, heheheh…. olahraganya ngukur kasur, hehe.Semoga kita terus semangat buat olahraga sampai berat badan ideal yah. Amiin ya robbal’alamiin, biar cepet hamil juga akunya, heheh.

Gegara mau sehat, aku jadi penasaran sama kesehatannya rasulullah dan beberapa tips untuk hidup sehat. Rasulullah saw itu kan sakitnya dalam hidup cuma 2 x. Saat diracun dan waktu mau meninggal. Ini beberapa rahasia dari Rasullullah dan beberapa tips untuk hidup sehat.

1.Tidak Berlebihan

Kadang kita suka banget nih laper mata, lihat ini suka, beli. Lihat itu, suka, beli. Sampe pas waktu untuk makan, bingung deh, makan yang mana dulu deh. Terus niat buat habisin semua tapi perut udah full. Atau misalnya dateng ke kenduri atau kondangan pengen dimakan semua bawaannya, stop. Harus ada remnya. NAbi Muhammad S.a.w juga pernah bilang makanlah pada saat lapar dan berhenti sebelum kenyang.

2. Mengelola Stress

Setiap orang pasti punya masalah. Cara mengatasi masalah pasti berbeda-beda. Ada yang jadi stress, atau malah jadi punya peluang usaha karena kreatif,setiap orang berbeda. Tapi jika si stress menghampiri kamu.Lakukan ini niih. Kerjakan ap yang menjadi hobi kamu, yoga dan mencoba untuk bersyukur setiap harinya. Dengan cara bagaimana? di tulis deh hari ini Allah kasih berapa banyak kebahagiaan buat kamu.

3.Bersosialisasi dan Silaturahmi

Ternyata menurut penelitian Harvard School Public Health, orang yang berusia 70 tahunan, dan masih bersosialisasi dengan baik dan menjalankan sunah nabi yaitu silaturahmi. Jarang mengalami serangan jantung. Nah, dari sekarang, ang males silaturahmi jangan lagi deh. Selain memperpanjang umur silaturahmi juga bisa menambah rejeki. Kemudia, perbanyaklah berbaik sangka dan berbuat baik sama tetangga, karena mereka saudara terdekat kita.Mulailah menyapa orang lain dan tersenyum lebih dulu. Sama bantu orang lain.

4.Duduk Saat Makan dan Minum

Nah, kadang kita suka lupa nih melakukannya. Apalagi kalau lagi terburu-buru, atau di dalam kondangan. Biasanya dalam gedung itu kursinya sedikit, jadi terpaksa deh harus berdiri. Ada alasan kesehatannya loh, kenapa Rasulullah s.a.w meminta kita untuk makan dan minum dalam keadaan duduk atau kalau tidak ada kursi berjongkok.

Saat sedang makan atau minum, Rasulullah selalu duduk daam menjalaninya. Saat seseorang duduk,  secara medis ternyata rongga dalam sistem pencernaan (perut) berbeda bila seseorang dalam keadaan posisi berdiri.

Rongga dalam sistem pencernaan menjadi lebih terbuka sehingga kemudian saat makanan atau minuman ditelan maka sistem pencernaan tubuh telah siap menerimanya. Ketika pencernaan makanan telah siap menerima maka tidak ada paksaan agar sistem pencernaan tersebut bekerja secara keras.

Berbeda bila makan dan minum dilakukan secara berdiri maka katub dalam sistem pencernaan belum sepenuhnya terbuka sehingganya ketika makanan atau minuman datang maka system pencernaan akan bekerja keras untuk mencernanya dan bila hal itu tarus berlangsung lama-kelamaan system pencernaan menjadi lemah sehingga kemudian menimbulkan gangguan-gangguan kesehatan pada seseorang.http://www.caramedis.com/muslim-inilah-5-cara-hidup-sehat-ala-rasulullah-dan-terbukti-ampuh/

5.Atur Pola Makan Sehat

Bila anda ingin memiliki penampilan yang awet muda, pilih makanan berkalori sebagai asupan energi serta untuk menjaga suasana hati dan cukupi makanan yang mampu meningkatkan metabolisme, kesehatan jantung serta mengelola stres.

Perbanyak makan sayuran beserta akarnya, buah-buahan dengan glikenik rendah (pisang, apel, anggur, jeruk, kiwi, pear), serta makanan yang mengandung protein nabati dan protein tanpa lemak. Jangan menghitung kalori tetapi hitunglah kualitas. Kulit, rambut, kuku, berat badan dan suasana hati akan dipengaruhi oleh pola makan sehat.http://www.akusehatku.com/2013/10/10-tips-pola-hidup-sehat.html

Bisa juga dengan melakukan food combining. Dengan tidak mencampur karbohidrat, protein dan sayuran jadi satu. Kombinasikan dua saja. Misalnya, karbo dan protein atau karbo dan sayuran.Banyak minum air puti, sayuran dan buah itu lebih baik.

6.Patuh kepada Allah

Makanlah makanan yang halal. Bukan hanya makanan yang sudah dilarang oleh allah seperti babi dan anjing, tetapi juga cara mendapatkan makanannya dan cara mengolah makanannya. Berdoa sebelum dan sesudah makan.http://urusandunia.com/hidup-sehat-ala-rasulullah/

Bismillah, semoga kita bisa hidup sehat jiwa dan raga yah. Kalo tips sehat kamu apa?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s