Lagu Anak

22-02-2017/12.38/in my room

Coba deh, adek sepupu kamu, murid kamu atau tetangga kamu yang masih kecil suruh nyanyi. Apa yang dinyanyiin? Yup, lagunya orang dewasa atau bahkan lagu soundtrack fil, kartun yang kalau di telisik artinya belum pas buat anak kecil. Coba tengok di beberapa sekolah, lagu yang sering di nyanyikan lagu apa? Yup lagu barat. Anak-anak sih, tapi lebih banyak yang menggunakan Bahasa Inggris. Memang kita tinggalnya dimana? Indonesia kan ya?

Miris yah…. Tapi apa boleh buat, ibu-ibu muda berasa senang sekali kalau anaknya udah bisa nyanyi lagu ” Twinkle-twinkle Little Star” dari pada “Balonku”. Atau biasanya sang ibu tidak punya banyak lagu Indonesia yang dia tahu, buka youtube pakai itu deh, ajarin anaknya. Duh miris…..

Dulu waktu masih mengajar di Depok, kebetulan mengajar di SD Islam Binakheir. Mengajar kelas 1 masih banyak menyanyinya, kelas 3 dan 5 sudah di kurangi, paling diganti dengan yel-yel, karena mereka sudah lebih besar. Kegiatan menyanyi biasanya diperuntukkan untuk pentas Akhir Tahun, atau waktu Assembly.

Di Jakarta aku mengajar di Aljabr Islamic School. Sekolah ini memang tidak khusus untuk jenjang SD saja tetapi dari PAUD- SMA. Tahun Pertama aku kebagian mengajar di SD kelas dua. Lagu masih lumayan banyak tetapi tidak sering, dan mereka lebih hapal dan update lagui barat daripada lagu anak, Giliran lagu bahasa indonesia ya isinya gak jauh dari percintaan. Itu pun karena papa/mama/ supirnya suka menyetir lagu itu di mobilnya. Hmh….

Tahun berikutnya sampai aku selesai mengajar di Aljabr kurang lebih 3 tahun, aku mengajar anak TK B. Karena sekolah kami bilingual, jujur kami lebih banyak mengajarkan lagu Barat anak daripada lagu Indonesia. Karena sistemnya berpartner, jadi yang disampaikan ke anak-harus sesuai dengan partner kita. Kadang aku juga suka menambahkan beberapa lagu menggunakan bahasa Indonesia, biasanya selepas pelajaran musik. Kadang lagunya kami tempel di whiteboard kecil di bawah papan tulis yang seukuran mata mereka saat mereka duduk. sehingga selain belajar membaca, dia juga bisa bernyanyi.

Kegiatan di TK atau PAUD diidentikkan dengan banyak bernyanyi dan menari , kenapa ya?

Karena ternyata lewat nyanyian ini, bisa membantu perkembangan otak anak dan membantu anak untuk bisa berekspresi lewat gerakan tari dan bernyanyi. Kegiatan ini juga bisa membantu anak yang kesulitan bicara dan pendiam, lewat tarian dan nyanyian dia akan dapat mengekspresikan dirinya lebih baik.

Selain itu juga bisa menambahkan konsentrasi anak, saat kita mengganti lirik lagunya. Yang paling penting membuat anak  senang, karena masa-masa PAUDadalah masa bermain untuk sang anak. Setiap hari untuk membuat perkembangan otaknya baik dengan cara bermain, menyanyi dan menari.

Dalam belajar matematika juga bisa menggunakan lagu seperti lagu ini.https://www.youtube.com/watch?v=yi-vEjQ2pXY  selain lagu mudah diingat lagu untuk anak juga bisa membuatnya menyukai pelajaran tertentu.

Sejak dalam kandungan sebaiknya anak sudah diperkenalkan dengan nada dan bunyi. Bisa dengan memperdengarkan musik atau mengaji. Pada saat sudah lahir, anak bisa diberikan nyanyian sebelum tidur.

Nah, lagu apa ya yang tepat?

Sah-sah saja sih lagunya, selama itu lagu anak yang artinya baik. Tapin alangkah lebih bijaknya jika menggunakan bahasa Indonesia, karena kita tinggal di negara Indonesia. Mereka harus tahu bahasa Ibu negaranya sebelum belajar bahasa lain. Setelah bisa bahasa Indonesia, perkenalkan bahasa daerahnya terlebih dahulu baru bahasa Inggris.

Menurut IBO (International Baccalaurate Organization)ada banyak bahasa daerah  yang hilang setiap harinya. Contohnya di Sulawesi. Mereka menggunakan bahasa Korea dalam percakapan sehari-harinya. bahasa melayu yang biasa dipakai sekarang di hilangkan.

Sekarang tantangannya ada pada lagu anak yang berbahasa Indonesia. Alangkah menyenangkan jika produsen musik atau entertain mulai mengurangi lagu dewasa di jam anak-anak menonton televisi. Semoga produser musik mulai melirik laguu anak-anak yang sarat makna. Bukan hanya sekedar popularitas seperti lagu anak yang sekarang beredar.

Berikut list lagu anak-anak yang bisa di kenalkan ke anak anda.

  1. Buka Pintu https://www.youtube.com/watch?v=dQxkLk-otVQ (Dari sini bisa kasih pelajaran ke anak untuk kalau mau bertamu seperti apa :))
  2. Bulan Sabit (AT Mahmud)https://www.youtube.com/watch?v=XZxJg8fuSJE
  3. Bunda-Umay Shahabhttps://www.youtube.com/watch?v=RdJJVlUn_Qc
  4. Bunda Piara- https://www.youtube.com/watch?v=xvbDGA2VNC8

Empat dulu aja ya….. ayo bunda, gak papa suaranya Fals. Kalau mau anaknya ekspresif dan perkembangan otaknya baik, nyanyikan lagu anak sebelum mereka tidur, bershalawat juga boleh. Mulai koleksi lagu anak seperti Tasya dan Umay Shahab, boleh juga tuh. Menurutt saya dua penyanyi cilik ini lagu-lagunya bermutu.

Seperti ini harus banyak juga yang bekerja sama, tidak hanya produser musik, artis dan penggiat lagu anak-anak. Tapi mulailah dari rumah sendiri. Yuk ah koleksi lagu anak berbahasa Indonesia.

Longok listnya di sini yahttps://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_lagu_anak_di_Indonesia trus cari deh di youtube, download buat anak-anak ya…. boleh kok 1 atau dua lagu Barat, tapi lagu Indonesia itu lebih baik. Selamat mencoba ibu muda. Kalau mau kreatif ganti liriknya ysesuai dengan yang ibu inginkan juga bisa :).

Melatih anak untuk berekspresif dan membantu perkembangan otaknya juga membantunya lancar berbahasa Indonesia, juga membuatnya mencintai bahasa ibunya. Setelah itu kenalkan lagu daerah baru lagu-lagu bahasa Inggris ya. Mau share pengalamannya disini, boleh :).

Advertisements

3 thoughts on “Lagu Anak

  1. Ny. Wijaya says:

    Hehe….. ponakanmu, kenal lagu anak Indonesia gak? aku lagi nyoba cari-cari di you tube… banyak yang gak tahu…. tapi pas di ganti liriknya enak juga yah, bisa buat bercandaan sama suami. Percaya gak percaya ini jadi kaya do’a yang di lafalkan lewat menyanyi…cobain deh Non.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s