Rumah atau Apartemen?

23-02-2017/In my room

       Setiap pasangan suami istri atau yang sudah punya penghasilan, biasanya akan berusaha untuk memiliki tempat tinggal sendiri. Bukan hanya sekedar untuk kebutuhan tetapi terkadang untuk prestise dan investasi juga privasi. Saya dan suami juga sempat memikirkan hal ini. Rumah atau apartemen ya? Kalau sekarang baru mampu menyewa kamar kos yang berbayar per bulan.

stylecaster4-5609f7da4523bdf70e43bd4f

Ini dia khasnya kos-kosan cuma 3×4 m2. Ada yang kamar mandi dalam atau bareng-bareng. Kebetulan kosan kita kamar mandinya di dalam, jadi gak perlu repot ngantri, karena kebetulan yang kerja cuma pak suami jadi yang harus siap-siap di pagi hari dia, kalau aku santai.

Kami berencana untuk memiliki tempat tinggal pribadi. Masih bingung sih, pilih Apartemen atau rumah.

gambar-atap-rumah-minimalis

Mau banget nih rumah yang model minimalis seperti ini. Ada halamannya bisa menanam bunga adenium kesayangan, dan parkirin mobil buat kita antar jemput. Tapi terkadang kendalanya, banyak perumahan yang murah meriah letaknya jauh dari akses tol. Rumah yang modelnya seperti ini biasanya hanya memiliki 3-10 tetangga, dan disebut cluster. Membutuhan banyak lahan dan bertetangganya sedikit, hanya bisa menampung beberapa keluarga sja.

Alasannya sebenarnya karena kita mulai peduli sama lingkungan.Kalau kita ke luar negeri, yang deket deh ya Singapore, jarang banget orang yang punya rumah, biasanya orang-orangnya tinggal di Apartemen, karena harga rumah dan tanah di sana mahal. Ada bagusnya sih, Singapore jadi gak pernah banjir, karena bangunan rumahnya teratur, dan penduduknya lebih banyak tinggal di apartemen. Menyewa apartemennya juga gak seumur hidup, ada jangka waktu tertentu untuk pemugaran. Bayangin deh, kalau setiap tanah kosong dibangun rumah? kalau hujan datang apa kabarnya? bakalan kejadiannya kaya sekarang deh, banjir di mana-mana. Tanah yang seharusnya dijadikan taman atau perkebunan habis dibuat perumahan.Apa bedanya dengan apartemen? Beda dong, apartemen menggunakan kawasan yang saam luas dengan perumahan, tetapi bisa menampung banyak orang.Huniannya juga dibuat ramah lingkungan dengan beragam fasilitas di dalamnya.

 

rumah-susun-kemenpupr-dok.original.jpg

Beda dengan apartemen nih, kalau Rusun (Rumah Susun) di buat seadanya, sehingga yang terpenting dapat menampung masyarakat kelas menengah bawah. Taman bermain dibuat bersama-sama di lantai paling bawah.

Apartemen di bangun dengan ventilasi, taman bermain yang baik dan di peruntukkan untuk kalangan menengah ke atas dan kawasan bisnis. Pembangunannya juga lebih matang karena pastinya di lengkapi dengan berbagai fasilitas yang memanjakan penghuninya.

Beda dengan perumahan yang hanya bisa menampung beberapa keluarga dengan fasilitas yang kurang lengkap. Enaknya lagi kalau di apartemen gak usah pusing urus bayar perawatan selokan, rumput, keamanan, kebersihan, iuran warga dan lain-lain, karena biasanya fasilitas itu dapat dinikmati bersama dan ada yang mengurus dari pihak apartemennya. Pembuatan apartemen di suatu kota juga bisa membantu perbaikan ekonomi bagi perekonomian kota tersebut. Lahan yang harus di bebaskan untuk pembuatan rumah lebih banyak di bandingkan lahan untuk pembuatan apartemen, karena apartemen memuat lebih banyak ke atas di bandingkan rumah. Agak mirip dengan rusun yah kedengarannya, tapi apartemen biasanya sudah dilengkapi dengan peralatan modern dan fasilitas modern. Penghuni hunian modern ini bisa melakukan banyak aktivitas yang dibutuhkan seperti berbelanja, olahraga, sekolah dalam lingkup apartemen tersebut, sangat mengurangi biaya transportasi.

        Biasanya pembuatan apartemen dilakukan di pusat kota yang memudahkan penghuninya menggunakan akses jalan tol atau fasilitas umum dari pemerintah, sehingga mudah untuk bisa cepat sampai di tempat bekerja. Orientasi orang yang paham lingkungan akan lebih memilih apartemen untuk dimiliki dan berinvestasi dibandingkan membeli rumah, lebih baik membeli tanah untuk di tanami atau untuk usaha perkebunan atau agro wisata, sehingga membantu orang-orang yang tinggal di perkotaan terhindar dari bencana alam, seperti banjir. Jangan pikir, kalau apartemen itu tidak memiliki ruang terbuka. Itu hanya konsep rumah susun, yang taman bermainnya di taruh di lantai paling bawah, tetapi apartemen modern sudah lebih baik, area taman biasanya ada di tiap lantai. Begitu juga area perbelanjaan, senam, kolam berenang dan sekolah. Banyak apartemen yang juga berfungsi sebagai hotel, hanya di jadikan tempat menginap untuk beberapa hari, selain itu juga bisa menjadi wahana rekreasi keluarga. Setelah berdiskusi panjang lebar kita memilih apartemen untuk dijadikan tempat tinggal dan akan membeli tanah bukan untuk membangun rumah, tapi menanamnya dengan tanaman perkebunan, sehingga hasilnya bisa dinikmati bersama dan jika banyak bisa di jual, atau dimanfaatkan menjadi agro wisata. Masalah biaya ya? iya sih, banyak yang bilang kalau apartemen itu lebih mahal daripada rumah, masa sih? Ternyata gak juga loh, harga yang kita bayarkan itu sudah all in. Gak perlu bayar listrik, air dan keperluan yang harus di bayarkan jika kita punya rumah. Gak usah takut bakal kena banjir karena developernya pasti sudah memastikan kalau apartemen yang di bangunnya aman dari banjir, apalagi yang tinggal di lantai atas, pasti lebih aman dari banjir. Ada juga orang yang memilih apartemen di karenakan tempat kerjanya bersebelahan. Wah kayaknya kita sudah memutuskan untuk membeli apartemen dan mulai melirik lowongan pekerjaan yang ada di dekat apartemen tersebut.

Apartemen di Bekasi Barat Gangnam District (15).jpg

Pertanyaannya sekarang cari apartemen daerah mana ya? Sekarang aku dan suami bekerja di Bandung, berencana akan pindah ke daerah Bekasi. Wah denger Bekasi tuh biasanya banyak orang yang alergi yah, apalagi Bekasi sering dikatain planet lain, bukan bumi, karena keadaannya yang paling berbeda dari Jabodetabek (Jakarta Bogor Tanggerang Bekasi). Banjir juga sering banget melanda kota yang satu ini. Tapi tidak di pungkiri kalau Bekasi merupakan salah satu kota yang menyumbang banyak terhadap Indonesia. Banyak industri berkembang di kota Bekasi.

PICT0213.jpg

Kota ini adalah kota yang berada di pinggiran Jakarta yang berbatasan dengan Jawa Barat. Perkembangan industri yang cukup maju membuat kota ini semakin berkembang dan menjadi incaran bisnis dari berbagai kalangan.

Bekasi dibagi menjadi dua bagian Bekasi Barat dan Bekasi timur. Untuk Bekasi Barat letaknya lebih dekat dengan Jakarta, sementara Bekasi Timur letaknya agak dekat ke luar kota atau daerah Jawa Barat.

 

       Ada apartemen baru yang baru di bangun di daerah Bekasi Barat, namanya unik Gangnam Distric. Jadi ingat sama lagunya Gangnam Style. Ternyata apartemen ini mengusung konsep seperti Gagnam yang ada di Seoul Korea Selatan. Penasaran juga nih sama si Gangnam, sebenarnya itu nama apa ya? Browse dapet deh, kalau Gangnam itu ternyata nama distrik di Korea Selatan yang artinya Selatan Sungai. Berada di sebelah tenggara kota dan dikabarkan sangat makmur.Di distrik Gangnam ini bukan saja terkenal dengan mall dan tempat hiburannya yang non-stop 24 jam tetapi juga ada tempat wisatanya. Konsep seperti ini yang diusung oleh Gangnam District sebagai hunian modern di daerah Bekasi.Lobinya dibuat sangat menarik dan artistik.

apartemen-di-bekasi-barat-gangnam-district-21

Bangunan apartemennya banyak menggunakan kaca untuk menimbulkan kesan luas, ditambah dengan taman dan pepohonan asri di bagian depan lobi, membuat kita dapat menghirup segar setiap waktu. Sofa yang diletakkan dibagian sudut ruangan membuat kita seperti ada di ruang tamu rumah sendiri. Lukisan abstrak yang dibuat juga bisa membuat kita merasakan nyaman, karena di pewarnaan dan pembuatan lukisan di sesuaikan untuk membuat mood kita kembali bahagia.

Apartemen di Bekasi Barat Gangnam District (22).jpg

Lift yang digunakan juga menggunakan kaca, sehingga penghuni dapat melihat pemandangan di sekitar apartemen yang asri dan sejuk. Terdapat bunga segar di setiap sudutnya.

Ada beberapa tipe unit di Gangnam District ini, yang pertama unit tipe Studio.

Apartemen di Bekasi Barat Gangnam District (23).jpg

Ruang kamar yang luas dengan lemari kaca dan pemandangan yang disajikan dari jendela kamar membuat penghuninya betah dan dapat bekerja di rumah dengan tenang dan senang. Unit tipe studio ini terdiri dari satu ruangan yang luas, plong dari pintu sampai ke jendela. Ruang kamar tidur  dan meja untuk bekerja, tidak ada ruang tamunya. Dan hanya ada satu kamar tidur bersatu dengan meja kerja. Ukurannya 22,95 m2. Harga nya mulai dari 268 juta.

 

Apartemen di Bekasi Barat Gangnam District (24).jpg

Unit tipe 2 BR (2 Bed Room) ini terdiri dari dua ruangan untuk ruang tamu dan tuang televisi dengan kamar tidur yang berada di ruangan lain, tempatnya lebih luas dari tipe Studio.Di sini ada dua kamar tidur.Ukurannya 45,45 m2. Harga dimulai dari 536 juta.

Bangunan apartemen ini di buat ada 18 tower, yamg tiap towernya ada 13 lantai. satu lantai terdiri dari 22 unit apartemen, kurang lebih ada 5624 apartemen dengan 150 unitnya dijadikan untuk usaha seperti mall, tempat gym dan hotel.Asyik kan tetangganya banyak, kalau di perumahan tetangganya satu RT paling banter 15 keluarga, kalau di apartemen satu lantai bisa 22 keluarga, asyik.Seperti yang sudah di ulas di atas kalau hunian modern ini memiliki Infinity pool yang ada di lantai atas, sehingga saat berenang dapat melihat pemandangan yang ada di bawah dan roof top Garden. Tentunya dengan keamanan yang tinggi di setiap lantainya.

Apartemen di Bekasi Barat Gangnam District (34).jpg

Dapat berolahraga dan menghabiskan waktu bersama keluarga di waktu kapan pun. Pagi hari bisa untuk berolahraga pagi. Siang hari bisa untuk menuliskan ide-ide dengan pemandangan yang sangat mengesankan. Cocok untuk seorang penulis atau yang bekerja di industri kreatif. Untuk yang tidak bekerja di industri kreatif juga dapat meluangkan waktu untuk menghilangkan penat. Malam hari dapat  melihat bintang yang bertaburan bersama keluarga dan teman. 

Apartemen di Bekasi Barat Gangnam District (33).jpg

Sambil berenang dapat memandangi pemandangan alam di bawahnya. Atau memandang jauh Bekasi.

Selain unit apartemen untuk dijadikan milik atau investasi. Ada juga 150 unit hotel modern yang dapat di akses fasilitasnya menggunakan smart phone.

Apartemen di Bekasi Barat Gangnam District (36).jpg

Dibuat elegan dan dapat di akses menggunakan smart phone untuk pengaturan suhu, pemesanan house keeping dan fasilitas lainnya. Setiap kamar disediakan smartphone.

Untuk smart phone tidak hanya hotelnya tapi juga apartemennya dilengkapi dengan cctv yang bisa langsung di akses dari smart phone. Keamanan terjaga selama 24 jam, juga fasilitas laundry dan house keeping, sehingga jika kita tidak ada waktu untuk melakukan semuanya dapat mengakses dari smart phone kita untuk bantuannya. Lokasi dari apartemen ini sangat strategis. Apartemen ini dekat dengan sekolah Mahaneim, Trisakti School Managemen, Binus School Bekasi Office, juga dekat dengan RS Hosana Medica Bekasi, RS St. Elisabeth, tidak jauh dari RS Mitra Keluarga Bekasi Timur. Menuju Lotte Mart, Bekasi Square dan Naga Swalayan juga terjangkau secara mudah.Akses menuju lokasi Gangnam district bekasi dapat melalui exit tol Bekasi Barat & Bekasi Timur yang dapat ditempuh dengan waktu 10 menit, tepat berada di depan lokasi Bekasi Aeromovel Station yang akan menghubungkan Bekasi Selatan dan Bekasi Barat melalui Jalan Siliwangi, future Bekasi LRT yang akan selesai tahun 2018 akan menghubungkan Cibubur – Bekasi Timur – Cawang , 1 jam perjalanan ke bandara International Soekarno Hatta dan 25 menit saja ke Bandara Halim Perdana Kusuma.

Apartemen di Bekasi Barat Gangnam District (9).jpg

Apartemen Gangnam District menyediakan shuttle Bus gratis untuk ke sekolah dan beberapa tempat perbelanjaan.

Beragam fasilitas yang bisa dinikmati oleh penghuni hunian modern Gangnam District. Perjalanan ke Air port yang biasanya memakan waktu 1-4 jam, tinggal di apartemen ini hanya membutuhkan waktu 55 menit ke Bandara Soekarno Hatta dan 25 menit ke bandara Halim Perdana Kusuma. Transportasi lain yang bisa digunakan adalah LRT (Light Rapid Transit) apa tuh? ini sama seperti jaluir kereta atau KRL tapi letaknya layang dan kapasitas lokomotifnya lebih sedikit, hanya 3 lokomotif atau disebut juga kereta. Selain akses tol dan sedikitnya waktu menuju bandara dan LRT, keuntungan lainnya adalah tersedia moda transportasi aeromovel. Aeromovel ini bentuknya lebih unik dari KRL, MRT ataupun LRT. Lebih ringan dan tidak memiliki banyak mesin. Aeromovel menggunakan tenaga dorongan angin (pneumtic) sebagai daya utama geraknya. Tiang pancang yang digunakan lebih kecil, lebih efisien, ramah lingkungan dan memakai sedikit lahan. Kalau masih belum terbayang bisa coba aeromovel ini di Taman Mini Indonesia Indah. Model Aeromovel ini berasal dari Brazil.

Desain apartemen ini sangat internasional, karena menghadirkan taman di bagian tengah dan atas lantai. Apartemen ini dibagun atas kerjasama dengan Pollux properties asal Singapura. Pollux properties menggandeng  Qingjian Group sebagai kontraktor utama pembangunan Superblock Encore di Bekasi, kerjasama tersebut ditandai dengan diadakannya acara sign in ceremony kedua perusahaan itu, Kamis (29/10/2015) di Jakarta.Gimana nih, seru kan? Jadi sudah gak galau lagi nih mau pilih apartemen atau rumah? Untuk apartemen ini karena tergolong baru, maka pembayarannya juga sangat mudah.

apartemen-di-bekasi-barat-gangnam-district-39

Bisa Cash atau di cicil sampai 48x di 8 bank Nasional dan Swasta di Indonesia.

Siapa sih Pollux properties? Pollux Properties adalah perusahaan Singapore yang memiliki fokus ekslusif untuk membangun properti mewah di Indonesia. Bisnis nya berada di seputar membangun proyek tingkat atas dengan tujuan untuk menciptakan rumah dan properti komersial yang merefleksikan filosofi dari hidup modern.Filosofi dari komunitas dan rumah yang hebat ini dicapai dengan cara bekerjasama dengan desainer interior dan supplier yang berpengalaman. Portofolio mereka yaitu mall (Paragon Semarang, Central City Mall, Marquis de Lafayette, the Kensington), hotel (Manzoni Hotel and Louis Hotel), apartemen (Chadstone Cikarang, The Pinnacle, WR Simpang Lima, dll), perkantoran (World Capital Tower, Pollux Tower Semarang, Asia Financial Center) dan resort (Amarsvati).

       Sekarang saatnya memesan nih, mumpung baru  mau  launching kamu bisa telpon ke marketingnya atau email ke bagian marketingnya dengan membuka  web apartemennya http://www.gangnam-district-bekasi.com/. Untuk pemesanan unit kita akan mendapatkan  VVIP pass. Apa itu VVIP pass? VVIP pass adalah cara pemesanan unit sebelum launching. Lauching Gangnam District Hunian modern ala  Korea yang terletak di Jl. Siliwangi No. 88 Sepanjang Jaya, Rawalumbu Kota Bekasi jatuh pada tanggal 25 February 2017, hari Sabtu di Hotel Kempinski Jl. MH. Thamrin Jakarta Pusat. Cara pemesanan VVIP sangat mudah. Anda dapat membayar sejumlah uang sebesar 5 juta rupiah.Maka pembeli akan diberi nomer urut oleh sistem administrasi developer.Kartu VVIP ini tidak dapat di perjualbelikan. Ayo buruan pesan VVIP. Memiliki kartu ini belum tentu akan mendapatkan unitnya, tapi yang melunasi dan mengisi data untuk keseriusan membeli  unit itu yang diutamakan.Terdapat 5 jenis VVIP pass

  1. Shop Houses Pass: Kartu ini diperuntukkan bagi calon pembeli yang akan membuka usaha di Gangnam District.Pemilik kartu ini diberi privilege untuk memilih terlebih dahulu unit yang diinginkan daripada pemilik kartu Platinum, Gold dan Silver.
  2. Platinum Pass: Jika anda memesan 5 lantai sekaligus dan seluruh unitnya berarti total 105 unit, maka anda akan mendapatkan kartu dengan nama anda atau nama 1 perusahaan. Anda  akan dipanggil sesuai nomer urut yang ada di kartu pass untuk memilih unit yang ada. Jika anda batal membeli satu lantai maka bersabar sampai pemegang kartu platinum selesai memilih.
  3. Gold Pass: Jika anda memesan 1 lantai dengan 21 unit, maka nama anda akan dipanggil setelah pemegang platinum Pass selesai memilih unitnya.JIka batal 1 unit maka anda menunggu giliran sampai semua pemegang kartu Gold selesai memilih.
  4. Silver Pass: Adalah calon pembeli yang akan membeli 21 unit di lantai yang berbeda. Pemilik kartu ini akan dipersilahkan memilih setelah pemilik kartu Gold selesai memilih. Jika batal 1 unit maka akan menunggu gilliran sampai pemegang kartu Silver selesai meilih.
  5. Reguler Pass: Calon pembeli yang hanya akan membeli satu atau dua unit apartemen.

Nomer kartu VVIP akan diterbitkan jika kelengkapan dokumen sudah lengkap dan ada bukti transfer.Akan ada potongan sampai 50 persen dan cicilan selama 60x jika memesan dan membayar uang muka saat launch. Setelah Launch harga naik. Memilih hunian yang berkualitas memang susah-susah gampang, tapi selagi ada kesempatan jangan pernah ditunda, apalagi jika ingin memiliki usaha dengan pembeli yang kompeten. Sekalian tinggal di kawasan ini juga mengasyikkan, karena dekat kemana-mana. Rumahsakit, sekolah, bandara. Selain itu kelebihannya sistem keamanan dan suhu ruangan serta berbagai fasilitas dapat di koneksikan dengan smart phone anda.Hunian modern ala Korea ini cocok bagi kawasan pebisnis dan anda yang membutuhkan waktu luang banyak tanpa terjebak macet dan banjir di Bekasi. Alat transportasi yang memadai membuat kita bisa mengurangi polusi udara yang di sebabkan oleh kendaraan yang kita miliki. Dengan menggunakan aeromodel dan free shuttle bus membuat kita mengurangi polutan di Bekasi. Anak-anak juga bisa memiliki waktu luang bersama ayah dan ibunya yang bekerja karena waktunya tidak terbuang oleh kemacetan yang ada. Buruan lihat webnya dihttp://www.gangnam-district-bekasi.com/, kemudain daftarkan untuk mendapatkan VVIP Pass sebelum kehabisan, hanya 5 juta rupiah dapat book beberapa unit apartemen. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di Youtube, tentang gangnam Distric dan kecanggihan dari apartemen pintar hunian modern ala Korea di Bekasi Barat.Hunian modern yang mengusung konsep Gangnam, distrik yang terkenal di Seoul Korea Selatan dengan hiburan dan wisata serta kulinernya, juga termasuk murah dan non-stop selama 24 jam. Hunian modern ini akan mengikuti lifestyle Korea dan memiliki fasilitas lengkap.Silahkan mengunjungi video youtube Gangnam Districts Bekasi Barat, Jl. Siliwangi No. 88 Sepanjang Jaya, Rawalumbu Kota Bekasi.https://www.youtube.com/watch?v=FrpTdcwa2z4

hero-img.png

Tulisan ini di ikutsertakan dalam Lomba Blog Contest Gangnam Bekasi Dream Landmark.

 

 

 

Advertisements

3 thoughts on “Rumah atau Apartemen?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s