Jum’at

24-3-2017/12.02/in My Room

Hari terbaiknya umat islam nih. Sebenarnya aku belum pasti juga sih kenapa di sebut hari terbaik dalam agamaku. Kita lumayan sering berdebat nih sama suamiku tentang hari jum’at. Menurut dia semua hari itu adalah baik, jadi kalau mau melakukan hal baik gak usah harus hari Jum’at. Tapi Jum’at itu hari terbaik. Oke lah, daripada di lanjutkan perdebatan kusirnya, biasanya aku diam sambil cari tahu, kaya hari ini nih. Penasaran tingkat tinggi.

Menurutku pribadi sih, hari Jum’at itu paling beda karena para lelaki tidak menunaikan shalat dzuhur sebanyak empat raka’at, tetapi hanya dua rak’at dengan tata cara yang berbeda pada shalat dzuhur.

Weekend dan waktu terasa lebih pendek, itu ajah.

Coba cari tahu dari beberapa sumber aja deh ya. Ada 6 keistimewaan hari Jum’at. Semoga suamiku dibukain nih hatinya buat menerima kabar gembira ini, dan sepaham sama aku kalau hari Jum’at mulia. Bukannya menafikkan hari lain, tapi hari Jumat adalah hari spesial, karena:

1.Hari tatkala Allah SWT menampakkan diri kepada hamba-Nya yang beriman di Surga.Sahabat Anas bin Malik dalam mengomentari ayat: “Dan Kami memiliki pertambahannya” (QS.50:35) mengatakan: “Allah menampakkan diri kepada mereka setiap hari Jum’at”.http://www.makintau.com/2014/11/beberapa-keistimewaan-hari-jumat-dalam-islam.html

2. Bersedekah di dalamnya kebih baik daripada bersedekah pada hari lainnya.Ibnul Qayyim berkata, ”Bersedekah pada hari Jum’at dibandingkan hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti bersedekah pada bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya.”Dan di dalam hadits Ka’ab (dikatakan),”Bersedekah di dalamnya lebih besar (pahalanya) daripada bersedekah pada hari lainnya.” (haditsmauquf shahih namun memiliki hukum marfu’).http://www.kabarmuslimah.com/10-keistimewaan-hari-jumat/

3.Keberkahan lainnya yang dimiliki hari Jum’at bahwa hari ini merupakan hari berkumpulnya kaum Muslimin.Hari ini merupakan hari berkumpulnya kaum Muslimin dalam masjid-masjid mereka yang besar untuk mengikuti shalat dan se-belumnya mendengarkan dua khutbah Jum’at yang mengandung pengarahan dan pengajaran serta nasihat-nasihat yang ditujukan kepada kaum Muslimin yang kesemuanya mengandung manfaat agama dan dunia. Hari Jum’at ini juga memiliki beberapa keistimewaan yang mulia di antaranya disebutkan oleh Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah sebanyak tiga puluh tiga. Bahkan Imam as-Suyuthi dalam risalahnya, Nuurul Lum’ah fii Khashaa-ishil Jumu’ah me-nambahkan keistimewaan tersebut menjadi seratus satu. Akan tetapi sebagian keistimewaan itu bersandar pada hadits-hadits yang lemah.Maka, sudah sepantasnya seorang Muslim memanfaatkan hari yang mulia dan penuh barakah ini dengan melakukan ibadah-ibadah wajib maupun sunnah, [16] dan mengkonsentrasikan diri pada ibadah-ibadah tersebut sehingga dia dapat meraih pahala yang besar dan ganjaran yang setimpal.[Disalin dari buku At Tabaruk Anwaa’uhu wa Ahkaamuhu, Judul dalam Bahasa Indonesia Amalan Dan Waktu Yang Diberkahi, Penulis Dr. Nashir bin ‘Abdirrahman bin Muhammad al-Juda’i, Penerbit Pustaka Ibnu Katsir]Sumber: https://almanhaj.or.id/3315-beberapa-keutamaan-dan-keberkahan-hari-jumat.html

4.Hari Pembeda antara Islam dan Non-Muslim. Hari Jumat adalah hari istimewa bagi kaum Muslim. Selain itu diberikan Nabi untuk membedakan antara harinya orang Yahudi dan orang Nashrani.Abu Hurairah meriwayatkan, Rasulullah bersabda: “Allah telah memalingkan orang-orang sebelum kita untuk menjadikan hari Jumat sebagai hari raya mereka, oleh karena itu hari raya orang Yahudi adalah hari Sabtu, dan hari raya orang Nasrani adalah hari Ahad, kemudian Allah memberikan bimbingan kepada kita untuk menjadikan hari Jumat sebagai hari raya, sehingga Allah menjadikan hari raya secara berurutan, yaitu hari Jumat, Sabtu, dan Ahad. Dan di hari kiamat mereka pun akan mengikuti kita seperti urutan tersebut, walaupun di dunia kita adalah penghuni yang terakhir, namun di hari kiamat nanti kita adalah urutan terdepan yang akan diputuskan perkaranya sebelum seluruh makhluk.” [HR. Muslim]https://www.hidayatullah.com/kajian/gaya-hidup-muslim/read/2015/08/21/76306/keutamaan-hari-jumat.html

5.Meninggal pada hari Jum’at atau malamnya merupakan tanda-tandahusnul khotimah             Dimana orang yang wafat pada hari ini akan aman dari siksa kubur dan dari pertanyaan dua Malaikat. Dari Ibnu ’Amr radhiyallahu ’anhuma beliau berkata, Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa Salam bersabda,”Tidaklah seorang muslim meninggal pada hari Jum’at atau pada malam Jum’at, kecuali Alloh Ta’ala lindungi dari fitnah kubur.” (R Ahmad dan Turmudi, dishahihkan oleh al-Albani).http://amilyhijab.com/subhanalloh-inilah-10-keistimewaan-hari-jumat-detail-1781

6.Hari dihapuskannya dosa-dosa

Salman Al Farisi berkata : Rasulullah bersabda: “Siapa yang mandi pada hari Jum’at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi diantara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum’at”. (HR. Bukhari).http://www.makintau.com/2014/11/beberapa-keistimewaan-hari-jumat-dalam-islam.html

Ada dari teman-teman lain yang tahu keistimewaan lainnya? Boleh di share di sini ya. Semoga bermanfaat untuk yang membaca.

Advertisements

2 thoughts on “Jum’at

    • Ny. Wijaya says:

      Ya mbak, tapi kadang masih ngeyel-ngeyelan nih suami kalo semua hari itu baik, sampe aku bilang di Alqur’an ada surat Jumuah tuh, baru deh, hehehehe. Ayo perbanyak amal di hari Jum’at.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s