Gak suka sama beberapa buah-buahan? Rugi!

27-3-2017/8.17/in my room

Kali ini pemenang arisan linknya blogger muslimah sisterhood aku nih, jadi aku berhak untuk menentukan tema. Temanya aku bebasin aja buat member mau pilih ngebahas buah-buahan yang di suka atau yang gak disuka.

Awal idenya sih gegara lagi makan buah bareng sama suami, terus dia bilang “asem… ummi pilihnya gak di cium dulu ya? ” padahal itu buah favorit dia, alhasil jadi gak di makan karena asam.

Aku memilih bahas buah yang gak disukain sama beberapa orang, walaupun ada juga siih orang yang suka semua buah-buahan, sama kaya aku, eh gak ding, kalo aku mah batu di warnain aja suka, hehehe.

Seperti biasa, karena semua buah-buahan aku suka, jadi interview kecil deh sama nomer-nomer yang ada di WA , biarin aja mereka bertanya-tanya ada apa ya, kok ditanya kayak gini, hehehe. Biar ada variasi pertanyaan tiap hari dan jadi terjalin lagi silaturahminya, karena pasti sebelumnya aku tanya kabar mereka dulu.

Nih dia hasil survey kecil-kecilannya:

  1. Bunda ku gak suka banget sama rambutan karena ada rambutnya, dan jijik sama bijinya karena suka masih ada sisa buahnya kan ya, dan pernah lihat itu biji dikloset gak di siram, jadi kalo orang serumah beli rambutan, gak bakalan di sentuh deh sama bundaku.
  2. Temanku mengajar di Aljabr dulu ms. Risna, dia gak suka nanans, alasannya kalo sudah makan nanas pasti giginya ngilu. Melihat bentuk buahnya aja kayaknya asem banget.Hampir sama nih sama aku, giginya sensitif, jadi kalau abis makan nanas suka ngilu.
  3. Temanku mengajar di Aljabr juga di Binakheir ms. Anik gak suka sama buah-buahan yang punya bau khas seperti pepaya mateng, pisang ambon sama pear yang gak manis. Ada-ada aja deh, itu semua kan buah-buahan enak.
  4. Lain lagi sama orangtua muridku yang anaknya privat bahasa Inggris nih, dia gak suka buah yang asem, karena punya sakit mag.
  5. Sesama agen afrakids gak suka sama jeruk bali, karena rasanya yang gak enak.

Emang gak bisa dipaksain sih semua orang suka buah-buahan. Sekarang aku mau bahas khasiat buah-buahan yang mereka gak suka nih, supaya merasa rugi dan jadi suka lagi yah, minimal jadi tahu kandungan zat bermanfaat yang ada di dalam buah yang mereka gak suka. Buat yang baca dan gak suka sama buah yang sama dengan yang sudah aku list di atas juga jadi suka semua buah-buahan :).

Khasiat buah-buahan yang kurang di sukai beberapa orang :

  1. Rambutan

Buah berambut yang satu ini dapat digunakan untuk mengobati penyakit diare. Buah rambutan ini melindungi usus dan organ pencernaan lainnya dari bakteri.Selain itu buah yang satu ini juga mengandung flavonoid yang dapat menurunkan kolesterol jahat. Buah rambutan juga mengandung zat antiinflamasi, sehingga baik untuk peradangan.Bagus juga loh buat diet karena kandungan kalorinya gak terlalu tinggi tapi sudah manis dan mengenyangkan. Bisa dijadikan obat anti kanker, lebih tepatnya mencegah tubuh kita dari kanker. Mineral fosfor dalam rambutan dapat membantu ginjal menetralkan toksin dalam tubuh.Bisa bantu masalah anemia pada ibu hamil juga loh. Ibu hamil kan biasanya suka mual-muntah gitu ya, nah makan rambutan bisa membuat ibu hamil tetap punya energi. Wah, ternyata khasiatnya buanyak banget ya.http://manfaat.co.id/manfaat-buah-rambutan-dan-kandungan-gizinya

2. Nanas

Buah yang dari penampakannya asam ini, menagntung vitamin C yang bisa membantu mengurangi peradangan gusi. Bagus juga dimakan oleh manula (manusia lanjut usia) untuk mencegah terjadinya katarak, sebab memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.Buah asam ini juga bisa mengurangi gejala asma setelah berolahraga, vitamin A yang juga terkandung dalam buah asam ini akan dirubah menjadi beta karoten dan mencegah timbulnya sesak nafas setelah berolahraga.Kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin C, beta karoten, tembaga, seng, dan folat dapat membantu kesuburan pria dan wanita.Buah nanas mengandung enzim yang berfungsi mencerna protein yaitu enzim bromelain, yang berkhasiat sebagai anti inflamasi. Enzim tersebut bermanfaat untuk mengurangi lendir dan peradangan sinus.Kandungan vitamin B1 di dalam buah nanas berfungsi untuk mengubah gula darah menjadi energi. Wah, ternyata buah asam ini manfaatnya banyak sekali, ayo kita berburu nanas, minta dipotongin sekalian yah sama abangnya, hehehe. Gak pernah bisa nih ngupas buah yang satu ini, susah.

3. Pepaya

Kalau buah ini, favoritnya di keluargaku nih, murah meriah dan mengenyangkan. Pepaya mengantdung vitamin K yang baik untuk tulang.Penderita diabetes tipe 1 yang mengonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah dan penderita diabetes tipe 2 mungkin meningkatkan gula darah, lipid dan insulin. Dengan 1 buah pepaya ukuran sedang, menyediakan sekitar 4,7 gram serat. Membantu mencegah penyakit jantung karena terdapat kalium di dalam buahnya. Bagus untuk membantu saluran pencernaan dan mencegah degenerasi mata manula seperti katarak.Mencegah asma dan bisa membantu untuk diet. Baik untuk kulit, sehingga dapat mengurangi jerawat pada wajah. Selain itu kandungan vitamin A dalam buah pepaya muda dapat membuat hormon kewanitaan dan payudara menjadi kencang.http://manfaat.co.id/12-manfaat-buah-pepaya-untuk-kesehatan-dan-kecantikan

4. Pisang Ambon

Buah yang satu ini selain mengenyangkan juga sebagai zat anti bodi.Kandungan manfaat vitamin A, B-6, serta vitamin C yang terdapat pada pisang ambon dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari berbagai infeksi dan virus.Peneliti dari Amerika Serikat menemukan bahwa lectin, senyawa kimia yang ditemukan dalam pisang ambon dapat menghambat perkembangan infeksi HIV dalam tubuh, yaitu dengan menghalangi masuknya virus. Digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri. Vitamin A yang terkandung di dalam pisang ambon dapat menjaga kesehatan mata. Vitamin B yang terkandung di dalam pisang bisa menambah daya ingat, dan lebih lama dalam berkonsentrasi (bisa di berikan untuk anak yang berkebutuhan khusus nih). Kandungan sorotonin dan kalium yang cukup tinggi pada manfaat pisang ambon, dapat membantu membuat perasaan menjadi rileks dan tenang. Hal ini juga dapat menambah mood atau suasana hati, membuat perasaan lebih bahagia, serta menghindarkan dari gangguan stress serta kelelahan.Bagi mereka yang ingin mendapatkan kulit indah, pisang hijau juga dapat membantu mempercantik penampilan kulit. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan menghaluskan potongan pisang yang telah dicampur dengan madu atau bisa juga dengan manfaat minyak zaitun. Setelah berbentuk menyerupai pasta, oleskan pada wajah sebagai masker. Setiap hari maksimal makan pisang ambon 2 ya, kalau kelebihan bisa obesitas juga nih. Kalau mau enak lagi, makan pisangnya setelah disimpan dalam kulkas terlebih dahulu ya.

5. pir

Buah yang ada gerenjel-gerenjel di bagian tengah dekat biji ini, khasiatnya buanyak loh, rugi kalo gak suka. Masker pir bisa digunakan untuk rambut yang kusam.Yang perlu disiapkan adalah masker rambut alami, yaitu dengan mencampurkan ekstrak 1 buah pir segar dan matang, 2 sendok makan cuka sari apel dan air. Hal ini akan mengembalikan rambut yang kusam dan membuatnya kembali berkilau.(Read more at carakhasiatmanfaat.com: 29 Manfaat Buah Pir bagi kesehatan dan kecantikan). Buat yang punya rambut keriting kaya Edi Brokoli juga bisa nih banyak makan buah pir, agar rambutnya lebih mudah diatur.Rambut ikal akan menjadi tampil menarik dengan penggunaan aplikasi perawatan buah pir. Kupas dan lembutkan buah pir dengan benar, kemudian bentuk menjadi pasta halus dengan cara menambahkan minyak kedelai. Sekarang, ratakan pasta ini keseluruh rambut Anda secara merata. Biarkan selama satu jam, kemudian keramasi rambut dengan menggunakan sampo ringan. Karena temanku gak suka sama buah pir yang gak manis, ini ada tips memilih buah pir yang bagus.

Pir yang matang adalah yang terbaik. Pilih buah yang berwarna kuning keemasan, penampilannya terlihat baik, harum dan leher yang sedikit lembut. Sebuah pir yang baik harus lembut, serta kulitnya utuh tanpa luka. Jika kulit buah berwarna coklat muda, maka buah dalam keadaan baik. Pastikan bagian atas buah (dekat dengan batang) tidak terlalu lembut atau terlalu keras. Untuk mengetahuinya, cukup tekan dengan ringan menggunakan ujung jari Anda, bukan meremas seluruh buah.

6.Jeruk Bali

Penampakan buah yang satu ini agak beda sama jeruk yang lain. Kulitnya tebal dan biasanya suka dibuat mainan mobil-mobilan. Buahnya berwarna merah dan bulirnya besar, bisa 3-5 x lipat buah asli. Khasiatnya bisa menurunkan hipertensi, menjaga daya tahan tubuh dan anti inflamasi.Dapat memperbaiki sel-sel yang rusak, baik untuk pencernaan dan menghaluskan kulit. Mencegah penuiaan dini dan dapat digunakan sebagai masker wajah.

Cara membuat masker wajah dari jeruk bali:

  • Ambil buah jeruk bali sesuai selera
  • Blender buah jeruk bali tersebut hingga halus
  • Oleskan hasil gilingan jeruk bali pada seluruh bagian wajah
  • Diamkan 15 – 30 menit, lalu bilas hingga bersih dengan menggunakan air dan juga face wash

http://manfaat.co.id/manfaat-jeruk-bali

Nah, ternyata di balik kekurangan beberapa buahan yang kurang disukai sama bunda, dan beberapa temanku, terdapat banyak kelebihannya loh. Kamu masih gak suka buah? Buah apa yang kamu gak suka, terus kenapa?

 

 

 

 

 

Advertisements

4 thoughts on “Gak suka sama beberapa buah-buahan? Rugi!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s