Museum

27-4-2017/in myroom/10.36

Kamu lebih suka ke museum atau mall? Gak salah sih kalau ada yang lebih suka ke mall daripada ke museum. Kalau Saya, lebih menyukai pergi ke museum, selain murah meriah, dapat ilmu dan dompet aman terjaga.

Waktu di Jakarta Saya bergabung dengan Sahabat Museumnya Adep. Beberapa bulan sekali ikut acaranya keliling museum di Jakarta. Dapet apa? Dapet ilmu. Tentang apa? tentang daerah kawasan VOC di Jakarta -Kota.

Murah meriah loh paketnya, kita diajak kumpul di Museum Bank Mandiri untuk mengetahui sejarah museum ini, baru keliling seputar Kota. Ternyata Museum Bank Mandiri ini awalnya adalah Rumah Sakit terbesar di jakarta. Semua orang yang berpenyakit di rawat di RS ini. Tapi mereka tidak diberi obat, karena obat jaman dahulu tergolong mahal.  Jadi pasiennya hanya di bariskan di depan Rumah Sakit dan di jemur. Jika ada yang meninggal dunia, biasanya mayatnya tidak dikubur tetapi di buang di kali belakang museum. Sampai sekarang suka diketemukan tulang manusia.

Daerah seputar museum Bank Mandiri tadinya area pasar dan kegiatan perekonomian masyarakat Batavia. Sampai sekarang di daerah kota, masih ada bangunan asli yang dibangun sejak jaman Belanda. Beberapa gedung ada juga yang sudah di rusak dan menjadi toko terpal.

Beberapa km dari museum bank mandiri ada hotel dan restoran dengan nama VOC. di seberangnya ada museum Bahari. Mulai dari kapal yang sederhana sampai yang digunakan untuk melaut. Jadi bangga kalau negara kita ini adalah negara bahari yang terdiri dari 70% laut. Ada lagunya kan Nenek Moyangku seorang pelaut.

Ada juga Museum Fatahillah yang menceritakan tentang kerajaan  dan hukuman gantung juga penjara bawah tanah jaman Belanda. Ada juga sih museum Wayang, tekstil dan layangan, tap[i Saya belum pernah mampir, baru beberapa museum ini yang Saya jelajahi.

Oh iya jadi ingat saat berjalan dari museum Bank Mandiri menuju Museum Bahari, kami melewati rumah merah. Bangunannya rapat tertutup, katanya jaman dahulu ini adalah rumah bordir. Ada juga jembatan buka tutup.

Banyak lagi sih Museum di jakarta. Ada museum Satria Mandala yang berisi senjata -senjata untuk peperangan. Banyak lagi museum di Taman Mini. Ada Museum Transportasi, disana ada macam-macam transportasi dari yang paling sederhana sampai yang mewah. Perubahan alat transportasi dari tahun ke tahun.

Biasanya sih nama museum itu sesuai dengan barang-barang yang di koleksinya.

Seru deh, jadi pengen jelajah museum di Bandung. Ada museum apa aja yah di Bandung?

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s