Berjabat Tangan

29-4-2017/08.31/UPT-Perpustakaan ITB

Yeay, akhirnya bisa nge-blog di tempat yang berbeda. Tadi pagi anterin pak suami untuk menghadiri wisuda mahasiswa/mahasiswi UNIKOM di Sabuga ITB. Harusnya dapet hotspotnya nih, tapi kok malu yah nanyanya, coba deh tanya sama mahasiswa di depanku nih.

Kelamaan di rumah sedikit merubah sikapku jadi kurang pemberani, tapi Bismillah, alhamdulillah dapet nih paswordnya.

Jabat tangan, kenapa aku bahas tentang jabat tangan hari ini? Gegara tadi pagi lihat akun twitternya Islam Itu Indah  isinya tentang mengingatkan kita untuk berjabat tangan sebelum berpisah dengan teman kita, maka akan menggugurkan dosa dari keduanya.

Jabat tangan sendiri juga bisa membantu kita menilai seseorang. Jika orang tersebut Respect biasanya dia akan menjabat tangan kita dengan keras dan menatap wajah kita, jika orang tersebut memiliki kepribadian yang kurang baik maka dalam berjabat tangan akan dilakukan sekenanya.

Ada juga sih orang yang sama sekali gak mau bersalaman. Eits jangan berpikiran negatif terlebih dahulu. Kalau di sekolah tempatku mengajar anak-anak di ajarkan untuk minim bersalaman, alasan ownernya, karena tangan adalah sarang penyakit.

Alasan kedua orang gak mau salaman atau berjabat tangan, karena dia bukan muhrim.

Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya salah seorang diantara kalian jika ditusuk dengan jarum dari besi , itu lebih baik baginya daripada menyentuh seorang wanita yang bukan mahramnya”, (HR. Thabrani dan juga Baihaqi).

Yang ini saya dan suami masih berusaha, terutama pada orang yang lebih tua seperti Pakde/ bude dan kakak sepupu atau orang yang lebih muda seperti Mahasiswa/mahasiswi dan adik-adik sepupu. Susah -sush gampang yah menjalankan sunah nabi. Bismillah, semoga Saya dan suami saya bisa lebih baik lagi dalam hal berjbat tangan. Amiin ya Robbal’alamiin.

Sumber: https://muslim.or.id/11475-jabat-tangan-dengan-wanita-dalam-pandangan-4-madzhab.html

Kali ini Saya akan membahas psikologi dalam berjabat tangan. Ternyata hanya dengan berjabat tangan kita bisa tahu sikap atau sifat seseorang. Bisa dipakai untuk menilai orang yang baru kenalan sama kita nih.

1.Berjabat tangan dengan Kedua tangan

G

Ternyata berjabat tangan dengan kedua tangan ini menandakan kalau orang tersebut sedang menyembunyikan perasaannya. Bisa jadi dia sedang dalam keadaan bahagia tapi berpura-pura sedih karena sedang alam pemakaman atau sebaliknya.https://www.kaskus.co.id/thread/55225fb4582b2e02208b4571/karakter-orang-berdasarkan-cara-berjabat-tangan/

Selain itu jabat tangan seperti ini biasanya di gunakan oleh pejabat politik untuk memberikan rasa aman, jujur, bisa dipercaya, hangat dan bersahabat. dan biasanya yang melakukan ini bapak-bapak atau ibu-ibu yang sudah paruh baya, kalau kamu mau berjabat tangan dengan cara ini, boleh saja kalau mau di sebut bapak atau Ibu, hehehe.http://ilmuntrik.blogspot.co.id/2014/04/mempelajari-jenis-jenis-jabat-tangan.html

 

2.Berjabat tangan Erat dengan menggelitik

Biasanya jabat tangan seperti ini di lakukan oleh seorang pria dengan lawan jenisnya. Nah, kalau kamu kenalan dengan pria yang seperti ini jabat tangannya, hati-hati ya, karena dia akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkanmu atau melancarkan bisnisnya. Orang yang seperti ini akan sangat tertarik dengan sifat lahir dan fisik dari lawan jenisnya.http://soaldankuncijawabanbloggerpekolingan.blogspot.co.id/2013/08/makna-arti-dan-gaya-berjabat-tangan.html

3. Jabat tangan Dominator

Kalau seseorang bersifat dominan biasanya pada saat berjabat tangan dia akan menarik tangan orang yang di ajak bersalaman dan meletakkan tanan orag yag di jak bersalaman ke posisi di bawah.http://ilmuntrik.blogspot.co.id/2014/04/mempelajari-jenis-jenis-jabat-tangan.html

4.Jabat tangan Profesional

Jika ingin dinilai sebagai orang yang profesional maka ucapkan lah kalimat singkat saat berjabat tangan seperti “Selamat Pagi/Siang/Sore”.https://wolipop.detik.com/read/2010/11/22/112645/1499106/857/6-etika-berjabat-tangan-secara-profesional?w992201858

Selain mengucapkan kata-kata singkat juga dapat menahan jabat tangan selama tiga detik dengan menatap lawan bicara. Ini menunjukkan bahwa kita adalah pribadi yang hangat dan positive thinking.http://soaldankuncijawabanbloggerpekolingan.blogspot.co.id/2013/08/makna-arti-dan-gaya-berjabat-tangan.html

5. Jabat tangan Mengambang

Pernah salaman dengan orang yang seperi ini? berarti dia tidak tertarik dengan kita. Orang yang bersalaman dengan cara seperti ini biasanya akan mudah melupakan kita.Jadi jangan pernah main hati dengan orag ang awal bersalamannya seperti ini, bisa makan Hati kalo di baperin eaa.

6.Jabat tangan Never Let Go

Nah, kalau aku pribadi agak risih nih, kalau bertemu denga pribadi seperti ini. Bayangkan, orang dengan kepribadian seperti ini akan berbicara terus dan jika sudah selesai baru dia melepaskan jabatan tangannya. Jangan coba-coba dengan orang baru, karena yang ada nanti orang tersebut tidak merasa nyaman. Jika terlanjur bertemu dengan orang yang seperti itu, katakan saja jika merasa kurang nyaman dengan gaya jabat tangan orang tersebut.

7. Jabat tanga condong ke atas atau seperti jabat tangan persahabatan

Ini menunjukkan kepribadian seseorang yang mau di dominasi.Padahal tadinya aku pikir gaya jabat tangan ini berarti baha kita sudah sohib dan mengenal dekat orang tersebut sehingga berjabat tangannya semacam itu, pahal ternyata jabat tagan seperti ini mengisyaratkan bahwa kita orang yag dapat di dominasi.  Tapi gak masalah kok, kalau kita termasuk orang yang suka mendengarkan orang lain.

8. Berjabat tangan erat

Jika kamu bertemu dengan seseorang atau kamu sendiri berjabat tangan degan menekan keras pada lawan jabat tangan, maka sikap kamu atau orang tersebut adalah ambisius dan cenderung melakukan sesuatu lewat jalan pintas. Dalam keseharian biasanya orang yang berjabat tangan seperti ini cenderung egois dan mau menang sendiri.

9. Berjabat tangan dengan telapak tangan berkeringat.

Ini Saya sekali. Hati-hati nih, terkadang hal seperti ini digunkan dalam penilaian seseorang untu diterima atau tidak dalam suatu pekerjaan. Padahal sebenarnya gak semuanya telapak tangan berkeringan karena rendahnya kepercayaan diri orang tersebut.

Entah kenapa, gugup atau tidak gugup, tangan saya selalu menjadi dingin dan berkeringat. Ada yang bilang karena aku mengalami gagal jantung, entahlah, tapi yang jelas aku mengalami sakit asma. Kalau tangan dingin biasanya jika udara di sekitar dingin atau bahkan ada AC, tangan Saya akan ikut dingin.

Ternyata Mungkin ini alasan Saya belum dapet pekerjaan di Bandung ya, saat berjabat tangan mereka menilaiku rang yang memiliki kepercayaan diri rendah dan lemah, sehingga langsung di pandang sebelah mata. Wallahu ‘alam bishowab.

10. Jabat Tangan dengan posisi telapak Tangan menghadap ke bawah

82e7512f6af8494c9131d171ccc64736c77be855.jpg

Orang seperti ini cenderung sangat egois dan  ingin menguasai lawan bicaranya. Jaga jarak dengn orang seperti ini jika anda termasuk orang yag dominan, atau jangan di lanjutkan hubunga bisnismu, karea hanya akan menimbulkan banyak pertengkaran pada prosesnya.

11. jabat tangan hand Crusher

Biasanya kalau di Indonesia sih lebih karena usil yah, tapi jangan lakukan pada orang yang sedang emosi, habis kita. Jabat tangan yang satu ini, akan menyakiti lawan jabat tangan kita nih.

Berikut macam gaya berjabat tangan, kalau kamu jabat tangannya seperti apa?

Silahkan Share pengalamanmu mengenall orang pertama kali lewat jabat tanganya dan ternyata benar atau salah sama sekali.

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s