Cinta dan Bangga pada Indonesia

1-05-2017/ May-1/ At Home

Hari ini di peringati sebagai hari buruh Nasional atau disebut MayDay. Hari ini aku mencoba mencermati sharenya IPPO Right Santosa tentang kehebatan suatu negara.

Dia mencontohkan tentang Negara Jerman yang luasnya 1/2 pulau Jawa. Itupun sudah terdiri dari dua negara, Jerman Timur dan Jerman Barat. Belanda lebih kecil dari Jawa Timur. Tapi kedua negara tersebut sudah dapat menguasai banyak negara baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Negara-negara tersebut menguasai negara lain lewat ekonomi dan budayanya. Banyak negara lain yang berusaha keras untuk mempelajari budaya dan bahasanya. Satu hal lagi yang membuat mereka mejadi negara yang berhasil. Warganya cinta dan bangga dengan produk yang dihasilkan dari negara terebut.

Bagaimana dengan warga Indonesia? Bagimana dengan kamu?

Coba cek benda-benda disekitar kamu atau apa yang ada di rumah kamu? seberapa banyak produk buatan Indonesia?

Aku coba cek barang-barang yang ada di sekelilingku sekarang:

  1. Miyako-Rice cooker made in Indonesia
  2. Domper kosmetik Made in Indonesia
  3. Laptop Pico Made In China
  4. Ponsel Xiami Made in China
  5. Tissue paseo-Made in Indonesia

Berarti Aku masih termasuk cinta produk Indonesia nih. Yuk jadi duta buat negara kita sendiri dengan mengenalkan, bahasa, budaya, masakan nusantara, memakai produk buatan dalam negeri.

Aku pernah punya teman dari Australia. Dia sangat bangga sekali dengan negaranya, pemerintahannya, produk di negaranya sistem kesehatan dan segala hal tentang negaranya. Kadang suka kesal dengarnya, tapi kalau di pikir ulang, siapa lagi yang bisa mencintai negaranya selain warganya sendiri, ya gak?

Sekarang coba deh cek barang buatan Indonesia di rumah kamu, apakah lebih banyak daripada buatan luar negeri. Seberapa sering kalian menceritakan kebaikan bangsa kita pada bangsa lain?

Mungkin ini bisa dimulai dengan  belajar menceritakan kecintaan kita pada Indonesia ke orang terdekat dilanjutkan dengan membuat cerita berlatar belakang keindahan Indonesia.

Aau ada ide lain cara membuat generasi kita mencintai dan bangga terhadap Bangsa Indonesia.

Advertisements

One thought on “Cinta dan Bangga pada Indonesia

  1. Ade UFi says:

    Dengan tidak merusak lingkungan Indonesia juga menunjukkan kita cinta Indonesia looh. Ga pake coret2 tembok, buang sampah pada tempatnya.. hal2 sederhana gitu deh. 😊

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s