Wijayastuti Privat

27-7-2017/in my room/6.21

Assalammu’alaikum,pagi reader.

Alhamdulillah sudah 9 bulan ini aku jadi guru privat untuk mengisi waktu luang sebagai ibu rumah tangga dan nyonya Erick Wijaya.  Suamiku membuatkan ini untuk kesibukanku awalnya. Emang pada dasarnya aku gak betah di rumah seharian,kecuali malesynya lagi keluar (punya duit banyaak juga ngegulung aja dibawah selimut terus nonton tv atau baca buku).

Ada 3 anak murid. 

Yang pertama daftar ke Wijayastuti Privat Ina,anak kelas 5 SD rekomendasi dari sepupu suamiku mba Tessa,dia bantu sebarin flyer yang dibuatkan suamiku ke orangtua murid Rumah Bermain Padi. Alhamdulillah ada Bunda Uci yang mendaftar. Ina anaknya, sekolah di Salman Alfarisi Bandung. Murid privat pertamaku yang belajar Bahasa Inggris.


Alhamdulillah hasil ulangan mata pelajaran Bahasa Inggrisnya meningkat pesat. Kurikulum Bahasa Inggris sekolah Salman Al-Farisi agak berbeda dengan Aljabr International Islamic School tempat dulu aku mengajar. Di Salman lebih di titik beratkan di grammar dan membuat kalimat. Kalau di Al-jabr reading,writing,listening,speaking itu balancing. Rata2 Bahasa Inggrisnya sudah cas cis cus,buku bacaannya pun sudah setebal Harry Potter dalam Bahasa Inggris,perpustakaan kami memang menyediakannya, ditambah guru Bahasa Inggrisnya Native dari Hungaria,jadi gak ada alasan gak bisa cas cis cus.

Beda sekolah pasti juga beda kurikulum dan punya kelebihan. Ini asumsi saya sebagai guru privat. Kalau mau anak lancar berbahasa inggris,selipkan beberapa buku bacaan anak dalam bahasa Inggris,awalnya banyak gambar lama kelamaan tulisan saja.

Di Aljabr International Islamic School anak TKnya udah bisa pinjem buku dalam bahasa Inggris di semester 2. Karena di kelas 1 SDnya mereka punya daily journal yang diisi keseharian mereka menggunakan Bahasa Inggris,kegiatan ini berlangsung sampai lulus dari Al-Jabr. Susah? Gak kok, mudah kalau sudah jadi budaya sekolah dan di rumah. Gak usah di paksa, tapi buat anak merasa senang belajar Bahasa kedua itu,tapi dengan catatan kita juga bisa menjelaskan maknanya dalam bahasa Indonesia ya. 

Kok jadi promosi sekolah Al-jabr ya,hehee,maklum,jatuh cinta banget sama cara pengajaran dan strategi pembelajarannya. Belum ketemu yang macam ini di Bandung. Kembali ke Ina murid Privatku,karena belum ada kebiasaan menulis dalam Bahasa Inggris,maka kegiatan membaca cerita dalam Bahasa Inggris juga jadi berat. Setiap nilai ulangannya bagus,biasanya Ina Aku kasih hadiah buku cerita dalam Bahasa Inggris,Ina suka? Awalnya protes,tapi sekarang selalu nagih. Alhamdulillah bisa menularkan suka dan happy belajar bahasa yang satu ini.

 Jujur kalo aku sendiri,paham arti dan maksud bahasa Inggris tapi kelemahanku di bicara,pronounciationnya kurang bagus,karena sering dikritik,jadi suka malu ngomong pake bahasa Inggris,tapi kalo kepaksa ketemu bule,apa boleh buat,jelasin ampe doi ngerti,mungkin inilah kenapa gak nikah sama bule,hahahah.

Murid keduaku ada 2 orang,kakak -beradik. Kakaknya Keandra TKA usia 5 tahun,adiknya Idzam usia 3 tahun. Bunda Pilda dapat Informasi dari temen ponpes Darul Arqam aku,namanya Sandy. Ternyata temanku ini baru saja beli mobil dan Bu Pilda marketingnya. Karena sibuk dan jarang ada waktu untuk mengajarkan Iqra dan Sholat juga agama, beliau mencari guru ngaji,qadarullah lewat teman ponpes ku Bu Pilda menghubungi Wijayastuti Privat.

Seru sekali mengajar Iqro,sholat,wudhu,surat pendek,doa sehari-hari kedua anak ini. Ada saja polah mereka,kesabaranku lumayan di uji. Karena privat jadi gak kaya di sekolah jadi guri yang menunggu murid siap,hehehe

 Usia yang muda juga membiay anak ini moody, beragam cara dari mulai kasih star (bintang) dan bawa hadiah kecil seperti penghapus lucu,cukup efektif membuat moodnya untuk belajar meningkat dan aku selalu ditunggu,hehe. Alhamdulillah Keandra sudah Iqro 3,belajar dari Iqro 1,bisa menulis huruf arab bersambung dan bacaan sholat serta niat wudhu dan beberapa surat pendek sudah hafal. Dalam hal ini Keandra memang lebih baik dari Idzam. Tapi dalam hal niat belajar Idzam nomer satu, baru selesai salam dia sudah menghambir keluar rimah,menggandwngku dengan tangan mungilnya.

“Bu guru,hari ini bawa hadiah apa?” Atau “Bu Guru Idzam sudah bisa huruf Kha” atau “Bu Guru hari ini nonton video apa?” Selalu ada saja celoteh Idzam,ya dia lebih ekspresif dari kakaknya.

Apa aja sih yang diajarkan dalam waktu dua jam bersama mereka? Simple aja kok. Belajarnya sambil bermain,foto dibawah ini saat Ramadhan,mereka belajar berbagi mainan nya yang sudah rusak ringan kepada yang membutuhkan. Ada nih videonya saat mereka membagikan mainan rusak ringannya ke security komplek,tapi loadingnya susah ;(. Yang waktu Ina tell about her goal in Ramadhan juga ada,tapi loadingnya gagal terus,koneksi oh koneksi,kalo ada yang minat bisa di share by WA 085716340073.

Baru hari Rabu dan Jumat yang terisi,masih aa Senin,Selasa,Kamis. Yuk kalo ada yang minat daftar,hubungi via WhatsApp aja ya.

Buat yang tinggal di sekitaran Dago,mau Privat boleh yah,kalau banyak peminat nanti akan ada penambahan guru,untuk saat ini baru Aku aja gurunya. Mau tanya2 di kolom komentar boleh,di WhatsApp juga boleh ;). Happy Study,Be Smart with Fun.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s