Syahadat bagi umat Muslim

4-8-2017/in my room/12.00

Agama itu pilihan dan keyakinan setiap orang.

Sekarang mau share tentang agamaku nih. Kalau dalam agama islam kalimat Syahadat ini kalimat yang berpetuah. Alias syarat sahnya atau resminya memeluk agama islam.

Kalimat Syahadat berbunyi Asyhadu Alla iLaha Ilallah Wa Asyhadu anna Muhammaddarosulullah, artinya : Tiada Tuhan Selain Allah  S.W.T dan Rasulku Muhammad S.A.W.

Sebenarnya sejak dalam kandungan setiap bayi udah mengucapkan kalimat ini, tapi setelah di lahirkan maka orangtuanya lah yang akan mengubahnya menjadi nasrani, yahudi atau majusi.  Nah, berarti jika orangtuanya islam, maka sudah otomatis masuk islam, karena pastinya akan diajarkan bacaan shalat yang terkndung ucapan syahadat di dalamnya.

Masih pada ingat kan waktu di Sekolah Dasar, bahkan di TPA di ajarkan tentang rukun Islam? Coba tes masih ingat gak?

  1. Mengucapkan dua kalimat syahadat
  2. Mendirikan Shalat
  3. Berpuasa
  4. Berzakat
  5. Naik Haji bila mampu.

Sederhana sih, tapi pelaksanaannya lumayan sulit, ada aja gangguannya. Apalagi setan sudah bersumpah untuk mengganggu umat manusia dari atas-bawah, kanan-kiri, depan-belakang. Makanya dianjurkan mebaca A’udzu billahi minasyaithonnirrojim sehingga terhindar dari godaan setan.

Kalimat ini tidak akan sah lagi jika seseorang murtad atau keluar dari agama islam dan memeluk agama lain sesuai keyakinannya.

Untuk melengkapi rukun islam ada rukun iman

  1. Percaya kepada Allah
  2. Percaya kepada Malaikat
  3. Percaya kepada Kitab suci Alqur’an
  4. Percaya kepada utusan-utusan Allah
  5. Percaya kepada hari Akhir
  6. Percaya kepada Takdir baik dan buruk (Qada’ dan Qadar).

Sekilas tentang kalimat syahadat yang singka tapi luas maknanya. Apa yang membuatmu bahagia jadi islam keturunan?

kalo Aku, karena gak ush capek-capek bersyahadat dan mendapatkan banyak pengetahuan langsung dari orangtua dan sekolah, kamu?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s