10 Makanan untuk Kesehatan Gigi dan Gusi

10-8-2017/9.17/ at BJB lagi bayar PBB

Salah satu hal yang bisa meningkatkan kepercayaan diri kita adalah suasana dalam mulut. Bayangin deh kalo mulut kita aromanya kurang sedap,gigi warnanya kuning asoy,gusi bengkak,ugh kayaknya jadi malas ngobrol ya. Atau kalau dipaksakan ngobrol,kasihan lawan bicaranya bisa-bisa  pingsan dia,hehehe.

Supaya suasana mulut kita sehat, salah satu caranya adalah rajin mengkonsumsi air mineral sehingga aroma isi perut tidak keluar bersamaan saat kita bicara dengan orang lain. Sikat gigi 2 x sehari atau setelah habis makan juga oke untuk meningkatkan kepercayaan diri kita.  

Dengan rajin membersihkan gigi aroma mulut kita jadi lebih baik,gigi putih cemerlang tanpa dikikir dan gusi menjadi sehat. Selain kedua cara di atas, kitaa juga harus mengimbangi kesehatan mulut kita dengan asupan makanan yang tepat untuk meningkatkan asa percaya diri dengan gigi bersih,gusi sehat dan aroma mulut segar.

Berikut ini beberapa makanan yang dapat membantu peningkatan penampilanmu terutama gigi dan gusimu.

1. Buah Kiwi

Buah yang satu ini mengandung banyak vitamin C yang akan melindungi gusi kamu darikerusakan jaringan kolagen pada gusi yang menyebabkan tumbuhnya bakteri di gusi yang menyebabkan gusi bengkak.

https://kesehatangigi.blogspot.co.id/2014/07/makanan-bernutrisi-untuk-gigi-gusi.html?m=1

2. Bawang

Kandungan antioksidan paa bawang dapat membantu menghilangkan flek atau gupis pada gigi. Campurkan dalam masakan atau digosokkan ke gigi yang bermasalah juga bisa.

https://www.google.co.id/amp/halosehat.com/makanan/makanan-sehat/makanan-yang-baik-untuk-gigi/amp

3.Ikan salmon

Kandungan omega 3 dan vitamin D nya sangat baik untuk pertumbuhan tulang yang menyumbang cukup banyak pada kalsium untuk kesehatan gigi. Cukup 3 ons saja sehari sudah memenuhi kebutuhan. Cara penyajiannya apat di steam atau di goreng atau di bakar,yummy.

http://kesehatantubuh-tips.blogspot.com/2016/07/makanan-penguat-tulang-gigi.html?m=1

4.Buah Canbery

Buah ini sangat efektif mencegah plak atau penumpukan sisa makanan dalam gigi. Selain bisa menggunakan mouthwash,buah ini secara alami dapat mengikis plak atau karang gigi.

http://www.shinysmiledentalclinic.com/tiga-puluh-30-jenis-makanan-terbaik-untuk-kesehatan-gigi-dan-gusi/

5.Stroberi

Buah yang satu ini mengandung Malic acid yang dapat menghilangkan noda atau plak pada gigi. Pada orang yang suka merokok dan sering mengkonsumsi minuman kopi biasanya akan ada noda di giginya,supayabpenampilan tetap oke,bisa disiasati dengan menggunakan buah stroberi. Dapat dikunya atau dimakan biasa atau digosokkan pada noda di gigi.

https://kesehatangigi.blogspot.co.id/2014/07/makanan-bernutrisi-untuk-gigi-gusi.html?m=1

6.Sayuran dan buah-buahan

Karena tekstur sayuran dan buah-buahan yang cenderung keras,maka gigi akan banyak mengunyah. Gerakan mengunyah ini akan merangsang kelenjar dalam lidah meneluarkan air liur untuk melindungi rongga mulit dari bakteri.

http://tipskesehatanlengkap.com/7-makanan-dan-minuman-yang-baik-untuk-kesehatan-gigi-dan-gusi

7. Teh hijau

Teh yang satu ini mengandung anti oksidan sehingga membantu menghilangkan plak yang menyebabkan gigi berlubang dan bau mulut. Beberapa jenis teh hijau mengandung fluoride yang dapat membantu putihnya gigi.

https://www.jawaban.com/read/article/id/2013/04/23/66/130423190538/10-Makanan-yang-Baik-Untuk-Kesehatan-Gigi-dan-Mulut

8.Kacang-kacangan

Kacang mengandung anti oksidan,tidak mengandung gula,menganduk lemak tak jenuh,fosfor dan kalsium. Kandungan dalam kacang membantu gigi menjadi kuat dan terhindar dari plak. Hindari membuka kulit kacang dengan mulut,karena bisa menyebabkan gusi berdarah atau kerusakan gigi.

https://www.google.co.id/amp/www.tipscaramanfaat.com/7-makanan-yang-baik-bagi-kesehatan-gigi-714.html/amp

9. Jamur shitake

Carinya gampang kok,banyak di supermarket. Jamur ini mengandung senyawa lentinin yang dapat mencegah ginggivitis atau pembengkakan pada gusi.

https://www.google.co.id/amp/www.tipscaramanfaat.com/7-makanan-yang-baik-bagi-kesehatan-gigi-714.html/amp

10.Apel

Buah yang enak dan ranum warnanya ini mengandung vitamin A yang berfunsi untuk pertumbuhan gigi. Baik sekali buah ini dimakan oleh bayi atau anak-anak usia balita yang masih memiliki gigi susu.

https://www.google.co.id/amp/halosehat.com/makanan/makanan-sehat/makanan-yang-baik-untuk-gigi/amp

Masih, gak mau jaga kesehatan gigi dan gusi kamu? Rugi loh…. Cuma banyak minum air putih,rajin sikat gigi dan mengkonsumsi beberapa makanan ini,kepercayaan diri meningkat kesehatan gigi dan gusi juga jadi lebih baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s