Ragam Jenis Cabai di Dunia

12-7-2017/in my room/8.15

Pagi ini aku penasaran banget sama sayur yang satu ini? Ups termasuk sayur atau buah ya,cabai itu? Yup seperti di lansir dalam http://googleweblight.com/?lite_url=http://travel.tribunnews.com/2016/09/11/fakta-makanan-cabai-buah-atau-sayur-ini-dia-jawabannya-ada-daftar-makanannya-juga-loh&ei=UBIGHPzq&lc=en-ID&s=1&m=555&host=www.google.co.id&ts=1502500620&sig=ALNZjWkicE3g2CwibrlpqCsyFi2LVww3Kg, Cabai termasuk ke dalam buah-buahan,karena mengalami proses dibuahi dan memiliki biji tanaman untuk kembali di tanam. Berarti cabai termasuk buah yang unik ya,karena disaat buah lainnya berasa manis atau asam,eh cabai malah pedas ;). Untuk menghitung kepedasan suatu cabai menggunakan skala Scoville.

Jenis Cabai ternyata bukan hanya merah,hijau,rawit,paprika saja loh,banyak sekali macamnya. Hari ini aku coba share beberapa jenisnya ya,yang aku juga baru tahu,hehehe. 

Salam cabai….salam huhhahh

1. Cabai Rawit

Ini sih siapa yang gak tahu ya, kepedasannya langsung terbayang. Bisa jadi teman makan gorengan atau dimasak balado dan bumbu kuninh,atau bisa juga untuk membuat sambal,hmh yummy. Cabai ini biasanya kecil,panjangnya 2-4 cm. Rasanya huhaa…. Berasap deh mulut,hahhaa lebay. Ada yang warna hijau muda,tua,orange dan merah. Memiliki skala kepedasan 50.000-100.000 Scoville.

http://www.agrotani.com/mengenal-macam-macam-jenis-cabe/

2. Anaheim Pepper

Cabai yang satu ini diberi nama seperti itu karena berasal dari tempat bernama Anaheim di daratan Mexico. Rasanyablebih pedas dari cabe rawit,bentuknya juga lebih gendut dari cabe rawit. Cabai ini disebut juga magdalena atau California chile.

http://kebundanusahaku.blogspot.co.id/2016/03/beragam-jenis-cabai-di-dunia.html?m=1

3. Paprika

Buah cabai yang satu ini bentuknya seperti apal tapi empuk kulitnya karena baguan dalamnya kopong,ada yang berwarna merah,hijau,kuning dan oranye. Pada sebagian orang menggunakan paprika untuk garnish tapi ada juga yang menggunakannya sebagai campuran bumbu bahkan ada yang membuat daging buahnya menjadi wadah makanan,karena bentuknya yang lebar dan cekung. Paprika mempunyai banyak sekali manfaat,langaung klik aja di sini nih http://www.theluxuryspot.com/10-health-benefits-paprika/

4. Cabai Rocoto

Ada di daratan Peru,Bolivia,Chile,Argentina Utara dan Ekuador. Bentuknya bulat,dagingnya tebal seperti Paprika,hanya saja bijinya berwarna hitam. Kebanyakan rocoto berwarna merah,tetapi di Karibia dan Meksiko ada yang berwarna kuning dan oranye.

http://kaltim.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php?option=com_content&view=article&id=880:beragam-jenis-cabai-di-dunia&catid=94:horti&Itemid=59
5.Bhut Jolokia

Cabai yang satu ini disebut juga cabai setan atau ghost pepper. Bayangin nih kadar kepedasannya 845.000- 1.4575.000 Scoville. Tapi ini belum seberapa,karena masih ada cabai yang tingkat kepedasannya lebih dari Bhut Jolokia. Biasanya di tanam di India bagian Timur dan Bangladesh. Konon saking pedasnya suka dijadikan senjata granat cabai,kebayang pedesnya kalo kena mata,uhuy. Manfaat lainnya karena panas bisa mengobati otot yang terkilir sehingga kembali ketempatnya. Bentuknya seperti cabai rawit,tapi gemuk dan keriput.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Cabai_setan
6. Bedfordshire Super Naga

Ada di Inggris,dibudidayakan oleh petani bernama Salvatore Genovese di budidayakan di Bedfordshire sehingga diberi nama seperti itu. Tingkat kepedasannya beda sedikit dengan Bhut Jolokia, tingkat kepedasan nya 1.120.000  Scoville.

http://nova.grid.id/Sedap/Tips-Masak/Berani-Coba-Ini-12-Jenis-Cabai-Paling-Pedas-Di-Dunia
7. The Carolina Reaper

Pedas luar biasa, skala kepedasannya 2.200.000 scoville. Hati2 untuk penderita asma dan mag,bisa kambuh nih. Bentuknya hampir sama dengan paprika tapi keriput. Warnanya merah. Ujungnya lancip seperti cabe merah.

https://punya4istri.blogspot.com/2016/11/pedas-gila-akibat-makan-cabe-terpedas.html?m=1#
8.7 pot Red Giant

Cabai yang satu ini dinamakan 7 pot karena saking pedasnya di asumsikan dapat memberi rasa pedas pada 7 panci masakan. Skalanya 1.000.000 Scoville. Cabai ini dibudidayakan di Trinidad,Tobago dan Chaguanas. Termasuk cabai yang langka,beruntung jika sudah mencobanya. Bisa tumbuh didaerah bersuhu 28-30 derajat Celcius.
http://solusikebun.com/10-jenis-cabe-super-pedas-di-dunia

9. Trinidad Moruga Scorpion

Bentuk cabai yang satu ini,perpaduan antara paprika,cave merah dan cabe rawit. Skala kepedasannya mencapai 1.200.000 Scoville. 

http://m.detik.com/food/read/2012/02/17/180928/1845477/294/inilah-trinidad-moruga-scorpion-cabai-terpedas-spesies-baru
10.Numex Twilight (Bolivian Rainbow)

Disebut rainbow karena warnanya yang berubah-ubah, awalnya berwarna ungu kemudian menjadi kuning,lalu oranye dan terakhir merah. Tinggi tanamannya bisa mencapai 18 inci.  Warna buah cabainya membuat tanaman cabai ini teelihat warna-warni.  Tumbuh di daratan Mexico.

11. Bioshop Crown Pepper

Warna cabai ini hijau muda. Bentuknya seperti bunga terompet tapi tertutup atau seperti lonceng. Tumbuh di daratan Peru atau juga Brazil. Skala kepedasannya 5.000-30.000 Scoville.

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Bishop%27s_crown

12. Cabai Gendot/ Gendol

Tergantung lokasinya nih,kalo di Bandung Jawa Barat disebutnya Cabai Gendot tapi di Dieng Jawa Tengah disebutnya Cabai Gendol. Cabai ini cukup unik karena aroma nya campuran buah dan bunga. Skala kepedasannya 100.000-350.000 Scoville. Selain di Indonesia,tanaman ini juga bisa di dapatkan di Mexico dan Texas.

http://googleweblight.com/?lite_url=http://kebundanusahaku.blogspot.com/2016/03/beragam-jenis-cabai-di-dunia.html&ei=OO4eg6tm&lc=id-ID&s=1&m=906&host=www.google.co.id&ts=1502508869&sig=ALNZjWkVQj8TVDsoJzPYXG8G02Sq3NKegg
Nah,terpuaskan gak nih para penyuka sambal. Jadi,cabai merah dan rawit yang kita biasa pakai mah gak seberapa pedasnya dibandingkan Bhut Jolokia atau Trinidad. Buat yang punya sakit asma,hati-hati memilih cabai yah,jangan yang terlalu kepedasan,karena bagi beberapa cabai di atas ada yang bisa menyumbat saluran pernapasan karena pedasnya membakar sensor lidah.

Supaya pedasnya tidak bertahan lama,selalu siapkan permen atau minuman hangat di sebelahmu. 

Happy weekend, selamat cari makanan pedas…. Saatnya menguji level batas kepedasanmu. Rock spicy……

Beberapa jenis cabai yang pedesnya gak ketulungan.

Advertisements

4 thoughts on “Ragam Jenis Cabai di Dunia

    • Ny. Wijaya says:

      Ya,ini belum seberapa yg aku share,coba deh non,kan dikau sering ke luar negeri ya,tanya deh,di tiap negara pasti punya sambel tenarnya,tanyain nama cabenya apa,dan berapa tingkat kepedesannya,hehehehhe…. Yang paling parah california raiper.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s