Kewajiban Seorang Wanita Terhadap Dirinya

19 Januari 2018/ Tenant LIPI-406/08.49

Selama ini, wanita banyak yang meminta hak-haknya dipenuhi, terutama oleh sang suami. Seharusnya sebelum meminta haknya, seorang wanita layaknya melakukan kewajibannya terlebih dahulu. Dalam share kali ini pasti agak sedikit kaget yah, karena biasanya berpikir sesuatu itu adalah hak ternyata sesuatu itu adalah sebuah kewajiban.

Seperti biasa Kajian For Mama mengadakan kajian ke-3, kali ini rumahku yang ketempatan, sekalian syukuran pindah rumah. Sebenarnya jumlah kami ada 10 orang dengan pemateri, tapi karena kesibukan ibu rumah tangga dengan beragam profesi, jadilah yang bisa hadir ke rumahku 3 orang (Teh Tasya, Teh Fina dan Teh Ropy),alhamdulillah.

Kali ini Teh Tasya sharing tentang hal yang lumayan menohok untuk kaum wanita. Selama ini banyak wanita yang merasa haknya harus dipenuhi karena sudah merasa melakukan semua kewajiban – kewajibannya, padahal memahami wajib dan hak aja ternyata kita masih terbalik.

Sebelum share tentang kewajiban seorang wanita terhadap dirinya, kami membaca Al-qur’an di QS:26:84-89. Dalam surat ini diceritakan bahwa pada suatu masa tidak akan berguna harta dan anak-anak,kecuali orang -orang yang berhati bersih yang selalu bertutur kata yang baik. Supaya hati bersih sebaiknya membersihkan hati dengan banyak berzikir, setelah shalat dan sebelum tidur. Selain dengan berdzikir, lakukan 3 hal ini setelah shalat dan sebelum tidur (Bersyukur, memaafkan orang lain dan mendoakan orang lain).

Kewajiban Seorang Wanita Terhadap Dirinya

Pertama adalah Kewajiban wanita  terhadap tubuhnya.

a. Menjaga kecantikan dan kebersihan dirinya

Banyak wanita menganggap kalau pergi ke salon untuk merawat diri adalah haknya, padahal itu adalah kewajibannya sebagai seorang wanita. Karena wanita adalah ladang dan pakaian untuk Pria, maka wanita harus dapat menjaga kebersihan dirinya. Menjaga semua sumber bau yang ada di dirinya dalam keadaan bersih dan sehat. Contoh nih, kalau kita bau badan dan bau mulut, kira-kira suami jadi ilfil gak? atau buat yang belum menikah, kalau sampai bau badan atau bau mulut, kira-kira ada yang mau lama-lama deket kita gak? Buat para muslimah yang menggunakan gamis dan jilbab lebar, juga harus perhatikan kebersihan diri dan sumber baunya juga loh, gak mau kan jadi kena potongan pahala kalau bajunya sudah syar’i tapi bikin polusi udara buat orang di dekatnya atau di sekitar kita.

Di rumah juga usahakan bersolek untuk memuaskan suami. Tipe suami tidak semuanya sama ya, ada yang jika kita bersolek, dianggap ribet di rumah kok pake dandan, atau malah sebaliknya. Intinya gini deh, kelemahan wanita ada di telinga, sementara kelemahan pria ada di mata. Kalau suami keberatan dengan dandanan yang menor layaknya mba-mba kantoran, cukup sering-sering ganti daster dan rapih waktu ada suami juga wangi. Gak ada alasan punya bayi, anak banyak, saat suami pulang suguhkan yang terbaik dari kita minimal bersih dan rapih. Kalau yang rada males mandi kaya aku, bisalah telpon suami dulu pulang jam berapa, baru deh sebelum suami pulang kita bebersih diri, hehe. Banyak cara selama ada kemauan.

b. Menjaga kesehatan dirinya

Menjadi seorang wanita yang memiliki banyak peran ( Istri, Ibu dan anak) harus dapat membagi waktu dengan baik dan menjaga kesehatan. Sebenarnya semua wanita itu Super Woman, kenapa? karena wanita harus menjaga keseimbangan hidupnya untuk diri sendiri dan orang lain.

  1. Belajar Ilmu gizi

Gizi di dalam keluarga, wanita yang mengaturnya. Jika salah satu anggota keluarga ada yang sakit, perlu dipertanyakan nih, bagaimana penyediaan makanan untuk anggota keluarga tersebut. Saya juga masih belajar sih, supaya selalu menyajikan makanan sehat untuk keluarga. Wanita juga kudu belajar ilmu gizi.

2. Pola tidur

Untuk hal ini kembali ke pribadi masing-masing ya, tapi alangkah baiknya jika mengikuti Rasulullah. Pola tidur Rasulullah s.a.w itu menentukan kualitas daripada kuantitas. Rasulullah hanya tidur dalam waktu 3-4 jam dan beliau sehat sampai usia 63 tahun. Rasulullah tidak pernah sakit, kecuali saat ajal menjemput, rahasianya? Ternyata Rasulullah selalu tidur dalam keadaan REM (Rapid Eye Movement) sehingga saat terbangun badan beliau sudah bugar kembali. Bagaimana jam tidurmu? Tertidur dalam fase REM atau tidak?

Bagaimana cara Rasulullah saw memposisikan dirinya tertidur dengan fase REM? Rasulullah mencontohkan untuk melakukan wudhu sebelum tidur,kemudian shalat sunah wudhu dua rakaat. Berdzikir seperti yang di perintahkannya kepada Fatimah r.a (khatamkanlah Al-qur’an sebelum tidur dengan membaca 3 surat An-nas, Al-Falaq dan Al-Ikhlas kemudian membaca Al-Fatihah dan Ayat kursi) kemudian membaca do’a tidur.

Selain sunah Rasulullah s.a.w kita juga dapat menambahkan 3 hal ini : Bersyukur atas banyak hal yang terjadi di hari ini, mendo’akan orang lain (Jika bisa mendoakan orang yang sudah menzolimi kita, itu lebih baik), memaafkan orang lain yang sudah menzolimi kita (sulit, tapi kalau diusahakan pasti bisa 🙂 ).

3. Olahraga

Selama ini kita menganggap kalau mengerjakan pekerjaan rumah itu sama dengan berolahraga, padahal beda loh. Karena pengertian olahraga adalah diawali dengan menghitung denyut nadi dan bergerak selama 20 menit tanpa berhenti, dilakukan selama 3x seminggu, bisa? harus! karena ini adalah bagian dari kewajiban seorang wanita.

4. Jaga Makanan

Masih suka junkfood? Atau makanan jorok? kaya bakso dengan saos buanyak, atau seblak dengan sambel membludak. Makanan pinggir jalan yang gak higienis. Boleh sih, tapi gak sering-sering juga kali, kalau sudah belajar ilmu gizi pasti bakalan lebih emilih masak di rumah, selain bisa dapet banyak, murah, lebih higienis. Diet is a must, lihat kondisi tubuh kita juga sih. Cek di sini. Ada lagi Diet Jepang, banyak ragamnya tapi kembali dikembalikan ke tubuh kita masing-masing yah, yang penting jalanin dietnya bahagia. Kalau tipsnya mama teh Tasya mentor kita yang sudah berusia 76 tahun, beliau bangun tidur minum air susu kemudian jeruk peras baru di sore hari makan nasi dan lauk lalu banyak minum air putih.

c.Berobat jika sakit

Kalau sakit ya minum obat, jangan didiamkan saja. Cara berobatnya bisa ala rasulullah, herbal atau medis. Jangan biarkan penyakit betah bersarang ditubuhmu.

d. Menjauhi sikap berlebihan dan sia-sia dalam mengoleksi barang. Pernah di share dibutuh vs keinginan.

Kewajiban kedua adalah kewajiban wanita terhadap akalnya.

a. Memberi kemanfaatan untuk orang lain

Berhenti untuk stress dan tidak membaca buku. Saat kita berhenti untuk belajar dan beraktivitas, saat itu syaraf di otak kita perlahan mati dan kita bisa terkena penyakit al-zheimer atau pikun, naudzubillahimindzalik. Apapun aktivitasnya, berbayar atau tidak aktifitasnya, yang harus dicermati adalah, kegiatannya bermanfaat untuk orang lain dan membuat otak kita bekerja lebih baik atau minimal terus bekerja.

b. Mengisi akal dengan informasi yang bermanfaat

Ada 3 informasi makanan otak yang harus dimiliki wanita, khususnya muslimah:

  1. Keislaman

Ada 10 hal yang harus dipelajari oleh wanita khususnya muslimah yang disebut tsaqofah islamiyah

A. Utsul Tsalasah

  1. Ilmu yang berhubungan dengan keyakinan terhadap Allah
  2. Ilmu yang berhubunga dengan Rasulullah
  3. Ilmu yang berhubungan dengan agama islam atau keislaman

B. Belajar tentang Al-Qur’an

Bukan hanya menghafalkan surat-surat di dalam Al-qur’am saja tetapi juga mengetahui asbabunnuzul (asal-usul) al-qur’an tersebut. Selain itu juga dengan mengkaji kandungan Al-qur’an kita jadi lebih memahami agama islam.

C. Assunah

Mempelajari sanad sebuah hadist sehingga dapat memahami mana yang dhoif dan shahih.

D. Utsul Fiqih

Memahami hukumnya. Pilih satu mazhab untuk dijadikan acuan dalam kehidupan. Ada 10 mazhab dalam islam.Cek disini 10 Mazhab dalam islam. Yang populer ada 4 mazhab. Dari Mazhab yang diikuti hendaknya mengikuti 1 mazhab untuk mengatur kehidupan kita sehari-hari, jangan ambil enaknya, contoh : untuk tata cara sholat menggunakan Imam Syafi’i, tapi kalau tata cara berpuasa menggunakan Imam Hanafi, harus konsisten. Jika Sholatnya Imam Syafi’i maka berpuasa juga mengikuti imam Syafi’i.

E. Aqidah dan Akhlak

Kepercayaan dan bagaimana akhlak rasulullah

F.Sirah dan Tarikh

Sejarah Rasulullah s. a.w dan Nabi lainnya juga sahabat nabi.

G. Bahasa Arab

Karena Al-qur’an menggunakan bahasa Arab, hendaklah mempelajari BAhasa Arab sebelum mempelajari bahasa lainnya, karena bahasa Arab ini paling mudah di pelajari. Memang sih agak ngeri kalau sudah mengenai tata bahasanya yang menggunakan Nahwu dan Shorof, tapi ada metode baru yang merangkum tata bahasa arab namanya Mustaqilly di. Jl. Gerlong Hilir

H. Ghawzul Fikri

Perang pemikiran yang sudah banyak dilakukan untuk mendeislamsasi. Insyaallah kalau imannya kuat gak akan terpengaruh, tapi kalau sudah iman lemah, ekonomi lemah, wah siap-siap saja ter deislamisasi.

I. Studi Islam kontemporer untuk mengetahui peradaban islam di beberapa negara maju.

J. Fikih da’wah terutama fikih da’wah muslimah atau wanita, banyak loh. Cari ustadz yang tidak mengagungkan golongannya.

c. Memanfaatkan akal kita untuk hal-hal yang bermanfaaat

2. Kekinian atau wawasan peristiwa yang terjadi sekarang ini, intinya kita harus terus update apa yang sedang terjadi di sekitar kita.

3. Skill atau keahlian dalam apapun seperti memasak, menjahit dll.

Kewajiban wanita yang ketiga adalah kewajiban wanita terhadap hatinya (Qalbunya).

Menjaga agar tidak berubah-ubah, tidak mudah galau. Caranya?

  1. Dzikrullah sebanyak-banyaknya sepanjang waktu luang. Dzikirnya bisa berupa kalimat tahmid, tasbih, takbir, etc.
  2. Membaca Al-Qur’an kalau bisa lebih dari 1 juz perhari
  3. Menjauhi maksiat. Batasi penggunaan sosial media. Contoh: Dalam sehari menggunakan sosial media 2- 3 jam dengan pembagian 1 jam untuk mempelajari sesuatu, 1 jam untuk bersilaturahmi, 1 jam menyelesikan amanah. Jangan sampai 2-3 jam hanya untuk kepoin status orang dan ikutan komentar, jatuhnya bisa ghibah, astagfirullahal’adzim.
  4. Menjauhi ketergantungan pada makhluk, terutama suami. Kalau bisa istri mandiri dalam segala hal, termasuk finansial, kena deh, hehe.
  5. Memperbanyak ibadah. Kuatkan azzam (keinginan) walaupun pekerjaan banyak, tapi ibadah teta nomer satu.

Supaya bisa terjaga dalam melaksanakan kewajiban, bisa dibuat target setahun nih.

Cek ibadahnya:

  1. Hafalkan Juz 30
  2. Hafalkan surat-surat pilihan seperti Ar-rahman dan Al-Kahfi (minimal ayat 1-10) supaya terhindar dari fitnah Dajjal.  Supaya terhindar dari fitnah Dajjal  maka bacalah Al-Kahfi  ayat 1-10 di setiap Jumat dan menetap di kota suci.
  3. Shalat duha minimal 4 rakaat maksimal 12 rakaat
  4. Shalat tahajud
  5. Shalat wajib tepat waktu
  6. shalat rawatib
  7. Ngaji 1 juz perhari
  8. Sedekah tiap hari
  9. Olahraga
  10. Bersyukur dan memaafkan orang, dzikir atau amalan sebelum tidur.

Saat bangun tidur lakukan beberapa hak ini sebelumnya.

A. Hak Allah atas diri kita adalah shalat malam

B. Hak  orang lain atas diri kita adalah sedekah

C. Hak diri kita atas diri kita adalah berolahraga.

Semoga sebagai wanita kita tidak lupa terhadap kewajiban-kewajoiban kita. Amiin ya robbal’alamiin.

 

Advertisements

3 thoughts on “Kewajiban Seorang Wanita Terhadap Dirinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s