Naik Bandros di Bandung

14/4/2018— 10.13—-LIPI

Siapa yang orang Bandung belum pernah naik Bandros?

Aku yang bukan KTP Bandung, sudah dua kali donk, hehehhe. Pertama waktu hari ulang tahunku, kedua bareng sama orangtuaku, waktu mereka menengokku di Bandung. Sudah lama banget pengen naik kendaraan ini karena unik banget, tapi pas tanggal 13 Januari 2018 dan Bulan Februari 2018 pas ditengokin sama Ibu dan Bapak.

Kesan pertama naik kendaraan ini, ngakak gak bisa berhenti teh ai sama drivernya kompak abis buat kita kemekelan. Perjalanan 1 jam gak kerasa karena diisi banyak hiburan, bernyanyi, tebak-tebakan, dapet banyak ilmu yang berkaitan dengan Bandung. Ada sejarah kota Bandung da jalan yang kita lewati, menyapa orang yang kita temui, pokoknya kalau diajakin naik bandros lagi, gak nolak.

IMG_20180113_115610_HDR

Ini Bagian dalam Bandros. Ini waktu aku ulangtahun yang ke -34. Hadiahnya naik Bandros sama suamiku. Bagian dalam Bandros memang ada yang bentuknya seperti ini ada mejanya, ada juga yang bentuknya lurus ke arah depan. Mobil unik yang pernah aku lihat di Indonesia. Gak ada jendelanya, jadi mobil ini gak butuh AC untuk mendinginkan suasana karena angin yang masuk cukup banyak. Photo by :Erick Wijaya.

IMG_20180113_114749_HDR

Kalau melihat orang-orang yang pakai baju ini di balaikota atau di taman Vanda atau di alun-alun Ujung Berung, mereka adalah pegawai Bandros. Ka-ki : Yang suka bawa buku ini adalah bagian yang suka absen. Yang dua orang laki-laki drivernya, dan satu orang perempuan adalah kernet atau juru bicara dalam bandros. Photo by : Anisah Widyastuti

Apa sih Bandros? bukan makanan ya. Bandros adalah singkatan dari Bandung Tour On The Bus. Kendaraan ini  disediakan oleh pemerintah Kota Bandung bagi wisatawan yang hendak berkeliling kota Bandung. Bus ini diresmikan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil bertepatan dengan malam tahun baru 2014.Cek disini, seputar Bandros.

Cara naiknya mudah loh. Tinggal ke Balaikota atau taman Vanda dan alun-alun Ujung Berung.  Absen dulu sama mas-masnya, untuk ditulis naik Bandros yang jam berapa, karena satu Bandros biasanya muat 20-25 orang saja, dan yang naik biasanya rombongan.

Kalau naik bandrosnya dari balaikota bayarnya cuma 10.000 dan dapet teh botol merk tertentu kemudian dari Balaikota akan kembali ke Balaikota lagi. Tapi kalau naik Bandrosnya dari Taman Vanda atau Alun-alun Ujung Berung harganya 20 ribu, hanya sampai Cihampelas tidak balik lagi.

p_20180220_1413551497538237.jpg

Dapet Teh ini nih.

Yuk, yang belum pernah naik bandros, buruan mumpung masih ada. Jarang-jarang jadi artis tenar kan? Apalagi ketemu setan di siang bolong, rasain deh sensasi naik Bandros uenak tenan.

Kalo kamu sudah pernah naik Bandros share disini ya…..

One thought on “Naik Bandros di Bandung

Leave a comment